Megawati kantongi nama calon menteri dari PDI-P

PDI-P akan mengusulkan lebih dari 10 calon menteri.

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (tengah) didampingi Politikus PDI Perjuangan Puan Maharani (kiri) dan Prananda Prabowo (kanan) meninggalkan ruangan usai konferensi pers tentang pengukuhan dirinya sebagai Ketua Umum PDIP periode 2019-2024 dalam Kongres V PDI Perjuangan di Sanur, Denpasar, Bali, Kamis (8/8). /Antara Foto

Politikus Partai Demokrasi Indonesia-Perjuangan (PDI-P) Puan Maharani mengatakan Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri telah mengantongi nama-nama calon menteri yang bakal diusulkan mengisi Kabinet Kerja jilid II. 

"Ya, nama-nama (menteri) sudah ada dong. Partai sebesar ini, masa enggak punya nama? Nanti saja lihat," kata Puan kepada wartawan di lokasi Kongres V PDI-P di Bali, Jumat (9/8).

Puan mengatakan PDI-P bakal mengusulkan lebih dari 10 nama calon menteri ke Presiden Jokowi. Menurut dia, angka itu sejalan dengan pernyataan Jokowi yang bakal memberikan jatah kursi menteri ke PDI-P lebih banyak ketimbang parpol lainnya. 

"Nama sudah ada di kantong ketua umum. Kita juga sudah membahas terbatas tertutup. Tapi, ya, nantilah masih Oktober kok. Masih lama," kata Puan.

Dalam pidatonya di Kongres PDI-P, Kamis (8/8) malam, Megawati mengatakan PDI-P emoh diberi jatah menteri lebih kecil daripada partai lainnya. Apalagi, PDI-P merupakan pemenang pemilu selama dua kali berturut-turut. "Enggak mau. Enggak mau (lebih kecil)," kata Megawati.