Megawati Soekarnoputri terpilih menjadi Ketua Umum PDIP

Megawati terpilih kembali menjadi Ketua Umum PDIP secara aklamasi, namun sempat terjadi sikap dan pandangan berbeda dari pengurus DPD.

Megawati Soekarno Putri secara resmi kembali menjadi Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) periode 2019-2024./ Antara Foto

Megawati Soekarnoputri secara resmi kembali menjadi Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) periode 2019-2024 dalam arena Kongres V PDIP,  Kamis (8/8/2019) malam. Penunjukkan Megawati ini dilakukan secara tertutup dan kilat karena sesuai jadwal dilakukan pada hari ini, Jumat (09/8).

Pengambilan sumpah juga dilakukan dalam rapat pleno tertutup Kamis (08/7) malam. 

Menurut sumber, beberapa utusan peserta Kongres yang mengikuti rapat pleno tertutup, awalnya, dalam sidang yang dipimpin Soerjo Respationo, seluruh pengurus cabang dan daerah menyampaikan sikap dan pandangannya.

Tiap pengurus wilayah (DPD) menyampaikan pemandangannya atas berbagai isu yang dihadapinya masing-masing. Namun semua selalu memulai dengan keputusan dari pengurus DPD meminta dan menyetujui agar Megawati Soekarnoputri kembali memimpin partai untuk periode 2019-2024.

Soerjo selanjutnya menyatakan keputusan bahwa seluruhnya menyetujui keputusan itu. Soerjo meminta Megawati Soekarnoputri bersedia diambil sumpahnya menjadi ketua umum.