Menakar peluang Partai Demokrat di Pileg 2024

Partai Demokrat diprediksi bakal mengulang kejayaannya dan menjadi pemenang di Pemilu 2024.

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono. Foto: Twitter

Pengamat komunikasi politik Universitas Esa Unggul, Jamiluddin Ritonga, memprediksi Partai Demokrat bakal mengulang kejayaannya dan menjadi pemenang di Pemilu 2024. Catatannya, partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu bekerja lebih keras lagi untuk mendongkrak popularitas dan elektabilitasnya.

Hal tersebut diungkap Jamiluddin, berkaca dari hasil survei kepemimpinan nasional (SKN) Kompas. Dalam surve itu, elektabilitas Partai Demokrat 10,7% dan masuk tiga besar di bawah PDI Perjuangan yang menuai angka 22,8% dan Partai Gerindra 13,9%.

"Tiga partai tersebut, termasuk Golkar, diperkirakan akan terus bersaing hingga 2024. Partai mana yang dinilai lebih berpihak kepada rakyat dan kadernya terbebas dari kasus korupsi, akan dengan sendirinya menjadi pemenang pada Pileg 2024," kata Jamiluddin dalam keterangannya, Rabu (23/2).

Dia menerangkan, dari empat partai tersebut, tampaknya elektabilitas Partai Demokrat yang mengalami kenaikan signifikan. Sementara, PDIP dan Gerindra, meskipun mengalami kenaikan namun relatif kecil.

"Jadi, dari banyaknya partai yang di survei Kompas, hanya Partai Demokrat yang elektabilitasnya naik lebih besar. Kenaikan elektabilitasnya Partai Demokrat menarik diamati apakah akan mengulang kejayaannya pada Pileg 2009," ujar Jamiluddin.