Menakar peluang Partai Ummat besutan Amien Rais

Partai Ummat bisa menjadi kekuatan politik Amien Rais jika digarap serius.

mien Rais (tengah) dinyatakan telah ke luar dan meninggalkan PAN. Foto Antara/Reno Esnir

Pengamat politik Pangi Syarwi Chaniago mengapresiasi upaya Amien Rais untuk membangun kembali kekuatan politiknya melalui Partai Ummat. Apalagi di usia Amien yang sudah uzur masih punya energi dan semangat  besar untuk membangun partai politik baru.

Menurut Pangi, mendirikan sebuah partai politik bukanlah perkara mudah. Selain itu, sebagai politisi senior, Amien sudah pasti membuat perhitungan matang dan evaluasi atas perjalanan politiknya selama ini.

Ia melanjutkan, pembentukan Partai Ummat, walaupun secara eksplisit mempersempit ruang gerak partai Islam, namun pemilih di segmen ini masih sangat besar yang belum tergarap dan terwakili secara politik.

"Sejalan dengan itu, tentu kita juga akan bertanya-tanya, apa diferensiasi dengan partai Islam lainnya, apakah partai terbuka atau tertutup? Apakah partai berbasis figur atau massa, partai berbasis ideologi, apakah partai IT, atau partai kader?," kata Pangi dalam keterangan, Jumat (7/5).

Menurutnya, menuver politik Amien Rais akan berubah menjadi kekuatan jika digarap serius. Ini artinya, secara tidak langsung partai-partai yang punya segmentasi dan basis pemilih yang sama akan mendapat kompetitor baru terutama bekas partainya lamanya.