Mengapa mayoritas warga Muhammadiyah dukung PAN?

Dalam survei Indikator, PAN mendapatkan dukungan lebih besar dari Muhammadiyah dibandingkan parpol lain.

Dalam survei Indikator Politik Indonesia, PAN mendapatkan dukungan lebih besar dari Muhammadiyah dibandingkan parpol lain. Alinea.id/Dwi Setiawan

Mayoritas warga Muhammadiyah cenderung memilih Partai Amanat Nasional (PAN) daripada partai politik (parpol) lain. Ini terekam dalam hasil survei Indikator Politik Indonesia periode Juli 2023.

Sekretaris Jenderal DPP PAN, Eddy Soeparno, menyampaikan, kuatnya dukungan warga Muhammadiyah kepada PAN karena keduanya memiliki kesamaan. Misalnya, sebagai kelompok yang sarat gagasan dan ide yang mencerahkan.

"Muhammadiyah dan konstituen Muhammadiyah itu lekat dengan gagasan, lekat dengan ide, lekat dengan sebuah pemikiran yang logis dan mencerahkan. Jadi, tidak lekat kepada orang per orangan," tuturnya.

"Ya, selama ini yang dilakukan oleh PAN adalah memberikan gagasan yang baik, gagasan yang mencerahkan, gagasan yang solutif, termasuk juga memberikan advokasi terhadap permasalahan-permasalahan masyarakat yang diterima oleh warga Muhammadiyah dengan baik," sambungnya.

Gerak seirama ini, lanjut Eddy, membuat warga Muhammadiyah tertarik kepada PAN. "Oleh karena itu, Muhammadiyah mengapresiasi dan tetap memberikan dukungan kepada PAN dalam bentuk suara dan kepercayaan yang diamanatkan kepada caleg-caleg PAN."