Menimbang duet Prabowo Subianto dan Cak Imin di Pilpres 2024

Duet Prabowo Subianto dan Cak Imin, dinilai bisa menjadi pasangan yang saling mengisi.

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (kanan) berjabat tangan dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kiri) sebelum pertemuan di DPP PKB, Jakarta, Senin (14/10/2019).Antara Foto/dokumentasi

Hubungan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar kian mesra seiring membentuk koalisi di Pilpres 2024. Cak Imin, sapaan akrab Muhaimin, bahkan memuji Prabowo sebagai sosok harapan rakyat kala keluar dari gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), Senin (8/8) siang. 

"Gulo Jowo diteke nang papan, Pak Prabowo memenuhi harapan," kata Cak Imin melantunkan pantun berbahasa Jawa di depan gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Senin.

Usai mendaftar bareng ke KPU pada Senin siang, sejumlah elite Partai Gerindra dan PKB langsung menggelar pertemuan di kediaman Sekretaris Jenderal Partai Gerindra, Ahmad Muzani, Kamis (11/8). Mereka berkumpul untuk mematangkan kesepakatan bersama dalam piagam deklarasi koalisi.

Deklarasi koalisi Gerindra-PKB nantinya dibacakan usai Partai Gerindra menggelar rapat pimpinan nasional (rapimnas) yang akan digelar di Sentul International Convention Center (SICC) Bogor, Sabtu (13/8). Di deklarasi ini, Prabowo dan Cak Imin akan menyampaikan orasi politik di depan massa PKB dan Gerindra yang hadir.

Selain itu, di rapimnas ini, Prabowo akan dimintai kesediaannya untuk maju sebagai calon presiden (capres) di 2024.