Muhaimin sebut Maruf Amin bapak ekonomi kaum lemah

Bank Syariah Mandiri, BNI Syariah dan lainnya, tidak pernah ada jika tanpa Kiai Maruf.

Calon wakil presiden (cawapres) Maruf Amin memberikan keterangan pers di gedung PBNU, Jakarta, Kamis (9/8)./Antara Foto

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar mengatakan bahwa calon wakil presiden (cawapres) Maruf Amin merupakan sosok yang ahli dalam bidang ekonomi. Pria yang akrab disapa Cak Imin menyebutkan, bidang ekonomi yang dikuasai Kiai Maruf adalah ekonomi rakyat kecil atau kaum lemah (mustadh'afin). 

"Saya menyebut pemikiran, langkah gerak ekonomi Kiai Maruf sudah tahap implementasi dimana-mana, dengan gerakan ekonomi kaum mustadh'afin," katanya di Gedung PBNU, Jakarta, Selasa (14/8). 

Cak Imin mencontohkan, keberadaan koperasi Baitul Mal wa Tanwil (BMT), bahkan perbankan syariah seperti Mandiri Syariah, BNI Syariah, dan lainnya, merupakan campuran tangan dari Maruf

"Kalau soal ekonomi, Kiai Maruf jauh lebih dulu, catat yah, Bank Syariah Mandiri, BNI Syariah dan lainnya, tidak pernah ada jika tanpa Kiai Maruf. beliau adalah bapak ekonomi mustadh'afin," klaim Cak Imin. 

Karenanya, dia meyakini isu yang dimainkan kubu lawan di Pemilu Presiden (Pilpres) 2019 tidak hanya akan ditandingi, namun telah dilakukan pada level kongkrit. Langkah kongkrit yang dia maksud, adalah dengan membentengi strategi ekonomi nasional Indonesia, dengan penguatan ekonomi.