PAN ingin jatah menteri untuk Muhammadiyah

Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauludi meminta kepada Presiden Joko Widodo untuk memberikan jatah kursi menteri bagi Muhammadiyah.

Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauludi meminta kepada Presiden Joko Widodo untuk memberikan jatah kursi menteri bagi Muhammadiyah. / Facebook

Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasioal (PAN) Viva Yoga Mauludi meminta kepada Presiden Joko Widodo untuk memberikan jatah kursi menteri bagi Muhammadiyah. 

Seperti diketahui, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menyarankan kepada Jokowi untuk memilih kader Muhammadiyah menjadi Menteri Perdagangan (Mendag). Hal itu terjadi kala Jokowi berkonsultasi dengan Mega mengenai susunan kabinetnya pada 2014 lalu. 

Menanggapi hal itu, Viva justru meminta agar Jokowi bisa memberikan jatah kursi kepada kader Muhammadiyah, bukan hanya untuk posisi Mendag. 

"Jangan cuma perdagangan saja dong. Kesehatan, Pendidikan, dan lain-lain juga," tutur Viva. 

Menurut dia, hal itu layak didapatkan oleh kader Muhammadiyah, mengingat memang para kadernya memupuni untuk memimpin kementerian. Hal itu terlihat dari beberapa tahun belakangan, kader Muhammadiyah telah masuk di kabinet.