PAN masih pikir-pikir gabung pemerintah

Saat ini posisi PAN masih berada di luar pemerintahan.

Ketua Umum PAN terpilih Zulkifli Hasan menyampaikan pidato kemenangan usai perhitungan suara hasil Kongres ke-V PAN, Kendari, Sulawesi Tenggara, Selasa (11/2)/Foto Antara/Jojon

Sikap politik PAN untuk gabung pemerintah atau tidak, akan diputuskan secara bersama di internal partai karena baru menyelesaikan Kongres ke-V di Hotel Claro, Kendari, Sulawesi Tenggara. Demikian diungkapkan Politisi PAN Viva Yoga Mauladi.

Partai berlambang matahari putih, kata Yoga, belum berpikir ke arah gabung dalam pemerintahan. Yoga menilai istilah berada di dalam atau di luar pemerintah (oposisi) itu sama mulianya, karena menurut platform PAN asal untuk kepentingan bangsa dan negara.

Saat ini posisi PAN, jelas dia, berada di luar pemerintahan sehingga untuk apa diperdebatkan. Namun, lanjut Yoga, partainya tetap menjaga komunikasi dengan pemerintah.

"Pemerintah adalah lembaga yang diberi wewenang atas nama konstitusi mewakili negara jadi kalau bicara ekonomi sosial masyarakat politik pasti berkaitan dengan pemerintah," urainya di arena Kongres PAN di Hotel Claro, Kendari, Rabu (12/2).

Yoga membantah isu adanya intervensi pemerintah dalam proses pemilihan Ketua Umum DPP PAN 2020-2025, karena yang para pemilik suara menentukan pilihannya seusai kehendaknya masing-masing.