PDI Perjuangan usulkan pembentukan TGPF umrah bermasalah

Usulan pembentukan TGPF untuk menyelidiki uang jamaah yang telah disetorkan kepada biro umrah yang bermasalah. Guna memastikan uang kembali.

Kantor Abu Tours digeledah polisi./ Antara Foto

Fraksi PDI Perjuangan (PDIP) DPR RI segera mengirimkan surat kepada Presiden Joko Widodo untuk mengusulkan pembentukan tim gabungan pencari fakta (TGPF) kasus umrah bermasalah. PDIP menilai pembentukan TGPF ini untuk memastikan semua uang jamaah kembali. 

Anggota Komisi VIII DPR dari Fraksi PDI Perjuangan Rieke Diah Pitaloka menjelaskan sedang mengusahakan agar bertemu Presiden Jokowi untuk menyerahkan surat usulan pembentukan Tim Gabungan tersebut. Apabila langkah pembentukan TGPF itu disambut Presiden, menunjukkan bahwa Presiden memberikan perhatian yang sungguh-sungguh atas persoalan tersebut.

Menurut dia usulan pembentukan TGPF tersebut untuk menyelidiki uang jamaah yang telah disetorkan kepada biro umrah yang bermasalah. Hal ini guna memastikan uang akan kembali.

"Jangan sampai uang tersebut dibagi-bagi kepada pihak biro umrah lalu merugikan jamaah," tukas Rieke pada Selasa (3/2) seperti dikutip Antara.

Ia juga mengingatkan agar proses hukum yang berjalan dalam kasus biro perjalanan umrah bermasalah seperti First Travel, tidak boleh merugikan jamaah. Karena itu Rieke menilai proses hukum yang berjalan harus dikawal agar penggantian uang jamaah menjadi prioritas dari pengembalian aset yang ada.