PDIP dinilai berhasil kerek elektabilitas Puan Maharani

Survei Indikator Politik menyebutkan, elektabilitas Puan naik 100% dalam skema 19 dan 10 nama.

Ketua DPR, Puan Maharani. Dokumentasi DPR

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dinilai berhasil mengerek tingkat keterpilihan Ketua DPR, Puan Maharani, sebagai calon presiden (capres). Pangkalnya, elektabilitas Puan, berdasarkan hasil survei Indikator Politik Indonesia, mengalami peningkatan.

"Ini tentu kabar baik untuk PDIP, setidaknya upaya mereka meningkatkan elektabilitas Puan berhasil. Terlebih, memang Puan gencar lakukan pendekatan pada masyarakat akhir-akhir ini juga gencar promosikan hasil kerjannya sepanjang karir politiknya," kata pengamat politik Dedi Kurnia Syah kepada Alinea.id, Minggu (2/10).

Menurut Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) ini, setidaknya ada dua hal yang memicu kenaikan elektabilitas Puan. Pertama, Ketua DPP PDIP dinilai tidak lagi berjarak dengan publik dan menjadi satu-satunya tokoh yang potensial menarik suara kelompok perempuan. 

"Kedua, ini bukti jika Puan berhasil menjaga amanat ketua umum untuk lakukan konsolidasi publik," imbuh dia.

Lebih jauh, Dedi berpendapat, PDIP hanya memerlukan waktu untuk melegitimasi keterusungan Puan dengan elektabilitas yang baik. Diyakininya, elektabilitas Puan akan meningkat jika sudah dipastikan akan diusung.