PDIP diyakini kembali menang pada Pemilu 2024

Pemilu 2014 dan 2019, PDIP secara berturut-turut menjadi partai dengan perolehan suara terbanyak dibanding partai lainnya. 

Diskusi bertajuk 'Akankah PDI Perjuangan Kembali Mencatat Sejarah Kemenangan di Tahun 2024' di kantor DPP PDI Perjuangan, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (3/8).Alinea.id/SorayaNovika

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) diyakini dapat mencetak kemenangan pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Sebagaimana diketahui, pada pemilu sebelumnya, yakni Pemilu 2014 dan 2019, PDIP secara berturut-turut menjadi partai dengan perolehan suara terbanyak dibanding partai lainnya. 

Untuk itu, menurut Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia‎ Burhanuddin Muhtadi, bukan tidak mungkin bagi PDIP menang ketiga kalinya, asal berkomitmen mencetak kader internal dengan kualitas mumpuni dan disukai mayoritas masyarakat Indonesia.

"PDIP sejak kalah di Pileg dan Pemilu 2009, terus mencetak kader unggul di pilkada, termasuk Pak Jokowi dan Bu Risma. Itu akhirnya dipanen sampai sekarang. Hal ini perlu kembali digencarkan demi kemenangan berikutnya," ujar Burhanuddin dalam diskusi Jelang Kongres V PDIP di kantor DPP PDIP, Jakarta, Sabtu (3/8).

Kiat lainnya yang perlu diprioritaskan PDIP agar dapat mengubah citra menjadi partai inklusif ialah dengan lebih merangkul suara pemilih muslim yang merupakan kelompok pemilih mayoritas.