Pengamat soal konflik internal PKB: Cak Imin sowan dulu ke para kiai

Hubungan Cak Imin dan Yenny Wahid sempat memanas dengan saling menyindir di media sosial Twitter.

Pengamat soal konflik internal PKB: Cak Imin sowan dulu ke kiai. Foto Alinea

Dinamika politik Indonesia sempat diwarnai perseteruan antara Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin dan Yenny Wahid. Kedua tokoh ini diketahui sempat saling melempar sindiran melalui akun Twitter masing-masing.

Pengamat politik UIN Syarif Hidayatullah, Ray Rangkuti menilai, ketegangan di antara kedua pihak ini bisa jadi dipicu hubungan yang kurang dekat antara Cak Imin dengan kubu Nahdlatul Ulama (NU) kultural, yang sebagian besar adalah Gusdurian.

"Yang pegang NU sekarang adalah para Gusdurian. Sayangnya, Cak Imin alih-alih mendekat, malah dia membuat langkah-langkah yang justru makin menimbulkan reaksi negatif di kalangan NU kultural," kata Ray saat dihubungi Alinea.id, Senin (27/6).

Langkah politik Cak Imin yang jadi sorotan, kata Ray, di antaranya adalah soal koalisi dan keinginan untuk maju sebagai calon presiden. Padahal, menurut Ray, apa yang dilakukan Cak Imin berseberangan dengan tradisi di NU.

"Cak Imin belum apa-apa udah wara wiri soal capres, koalisi, padahal tradisi di NU itu ya sowan dulu ke para kiai. Jangankan Cak Imin, Gus Dur aja juga begitu dulu," ujarnya.

PKB