Pengganti Sandiaga Uno di Balaikota belum dibahas

"Sekarang kita usung Pak Sandi sampai tuntas dulu, nanti begitu selesai kita urus."

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kanan) berjabat tangan dengan Sandiaga Uno (kiri) usai pengunduran diri Sandiaga sebagai Wagub DKI Jakarta di Balai Kota, Jakarta, Jumat (10/8)./Antara Foto

Sandiaga Uno resmi mengundurkan diri dari jabatan Wakil Gubernur DKI Jakarta setelah terpilih menjadi calon wakil presiden (cawapres) pendamping Prabowo Subianto di Pemilu Presiden (Pilpres) 2019.

Prosesi pengunduran diri Sandi dilangsungkan di Balai Kota Jakarta, dan disaksikan langsung Gubernur Anies Baswedan, Jumat (10/8).

"Surat pernyataan ini berkaitan dengan pencalonan saya sebagai calon wakil presiden RI 2019-2024, sesuai dengan pasal 78 UU 23 Tahun 2014 tentang pemerintahan daerah," tulis Sandi mengawali surat.

"Dengan ini saya Sandiaga Salahuddin Uno, lahir di Pekanbaru, Riau, 28 Juni 1969, alamat di Kebayoran Baru, jabatan Wakil Gubernur DKI Jakarta. Dengan ini saya menyampaikan surat pernyataan berhenti dari jabatan saya sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta, masa jabatan 2017-2022," urai Sandi membacakan surat pengunduran dirinya.

Setelah berkomunikasi mengenai proses yang akan dilakukan, Anies dan Sandi kembali berpelukan. Keduanya kemudian saling bertukar kain batik Betawi yang ada di leher mereka masing-masing.