sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

DPRD DKI Jakarta umumkan 3 usulan nama calon Pj Gubernur

Prasetyo mengatakan, tiga nama yang meraih suara terbanyak kemudian akan diserahkan ke Menteri Dalam Negeri.

Gempita Surya
Gempita Surya Selasa, 13 Sep 2022 16:46 WIB
DPRD DKI Jakarta umumkan 3 usulan nama calon Pj Gubernur

DPRD DKI Jakarta telah menetapkan tiga nama untuk diusulkan kepada pemerintah terkait calon Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta. Usulan tersebut disampaikan dalam Rapat Pimpinan Gabungan (Rapimgab) di ruang Paripurna DPRD DKI Jakarta, Selasa (13/9).

"Sesuai hasil rapat Badan Musyawarah DPRD DKI Jakarta tanggal 12 September 2022, kita akan melanjutkan tahapan berikutnya terhadap Surat Menteri Dalam Negeri RI nomor 120/5141/SJ tanggal 31 Agustus 2022 hal Usulan Nama-nama Calon Penjabat Gubernur DKI Jakarta," kata Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi dalam rapat.

Dalam rapat tersebut, masing-masing pimpinan fraksi menyerahkan usulan tiga nama. Sehingga, total ada 27 usulan nama calon Pj Gubernur DKI Jakarta dari sembilan fraksi sebelum dilakukan penghitungan secara langsung dan terbuka.

Ada empat nama yang muncul dari seluruh nama yang dikumpulkan. Keempat nama tersebut yakni Sekretaris Daerah (Sekda) DKI, Marullah Matali; Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono; Dirjen Polpum Kemendagri, Bahtiar; dan Deputi IV Kepala Staf Kepresidenan Bidang Informasi dan Komunikasi Politik, Juri Ardiantoro.

Berdasarkan hasil penghitungan suara untuk usulan nama calon Pj Gubernur DKI Jakarta, masing-masing Heru Budi Hartono dan Marullah Matali memperoleh sembilan suara, Bahtiar enam suara, sementara Juri Ardiantoro tiga suara.

Prasetyo mengatakan, tiga nama yang meraih suara terbanyak kemudian akan diserahkan ke Menteri Dalam Negeri.

"Jadi nama-nama yang tersaring untuk diserahkan ke Menteri Dalam Negeri, enggak ada urutan ya ini, pertama Heru Budi Hartono, kedua Marullah Matali, ketiga Bahtiar," ujar Prasetyo.

Usulan tiga nama berdasarkan penghitungan langsung tersebut disetujui seluruh pimpinan fraksi yang hadir dalam rapat tersebut. Hal itu ditandai dengan ketukan palu untuk mengakhiri rapat.

Sponsored

Adapun dalam proses pengajuan nama, PDIP mengajukan nama Heru Budi Hartono, Marullah Matali, dan Bahtiar. Kemudian, Gerindra mengusung Juri, Marullah, dan Heru.

Selanjutnya, PKS mengajukan nama Bahtiar, Marullah, dan Heru. Adapun Demokrat mengusung Marullah, Heru, dan Bachtiar.

Kemudian, fraksi PAN mengusulkan nama Bahtiar, Marullah, dan Heru. Fraksi PSI dan PKB-PPP masing-masing mengajukan nama Heru, Marullah, dan Juri. Sementara, Nasdem dan Golkar mengusung Heru, Bahtiar, dan Marullah.

Jalan panjang negara mensejahterakan lansia

Jalan panjang negara mensejahterakan lansia

Senin, 06 Feb 2023 09:15 WIB
Jejak berdarah Sumiarsih dari Gang Dolly

Jejak berdarah Sumiarsih dari Gang Dolly

Minggu, 05 Feb 2023 06:18 WIB
Supaya posyandu lansia tak tersia-sia...

Supaya posyandu lansia tak tersia-sia...

Sabtu, 04 Feb 2023 06:12 WIB
Berita Lainnya
×
tekid