Peta koalisi Parpol setelah poros ketiga Pilpres 2019 kandas

Bergabungnya PKB ke kubu koalisi Jokowi mengubah peta politik Parpol jelang Pilpres 2019 dan membuat mimpi terbentuknya poros ketiga kandas.

Joko Widodo dan Prabowo Subianto belum mengumumkan nama calon wakil presiden yang akan mendampingi dalam Pilpres 2019. Koalisi poros ketiga dipastikan telah kandas setelah PKB resmi bergabung kepada kubu Jokowi. / Antara Foto / Kolase

Bergabungnya PKB ke kubu koalisi Jokowi mengubah peta politik Parpol jelang Pilpres 2019, dan membuat mimpi terbentuknya poros ketiga kandas.

Koalisi partai politik pendukung calon presiden Joko Widodo secara resmi mencapai 61,29% perolehan suara Pemilu 2014. Saat ini, setidaknya sudah ada enam parpol yang resmi mendukung Jokowi.

Keenam parpol itu adalah PDI Perjuangan, Golkar, PPP, Hanura, Nasdem, dan PKB. Total jumlah perolehan kursi di DPR dari keenam Parpol itu mencapai 337 kursi dari 560 kursi parlemen.

Perolehan itu hanya menyisakan 223 kursi. Jumlah tersebut harus dikurangi oleh kubu koalisi yang mengusung Prabowo Subianto sebagai calon presiden, terdiri dari Gerindra dan PKS.

Kedua Parpol ini meraih 113 kursi di DPR. Sedangkan dari sisi perolehan suara, Gerindra dan PKS mengantongi 18,6% suara sah hasil Pemilu 2014. Sehingga, kedua Parpol ini telah memenuhi syarat untuk mengajukan bakal calon presiden dengan perolehan lebih dari 20% kursi DPR.