Pilpres 2024, duet Prabowo-Sandi mungkin terjadi

Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno sama-sama punya popularitas tinggi.

Eks capres-cawapres 2019 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno/Antara Foto

Meski masih jauh, isu Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2024 makin kencang. Sejumlah tokoh politik hingga kepala daerah bermunculan dalam survei. Sebut saja survei yang baru saja dirilis Survey and Polling Indonesia (SPIN).

Lembaga survei ini menempatkan dua nama yang secara berurutan memiliki popularitas tertinggi, yakni Prabowo Subianto dengan 89,1% dan Sandiaga Uno dengan 87, 9%.

Meski kedua eks capres-cawapres 2019 itu memiliki tingkat popularitas tinggi, namun Direktur SPIN Igor Dirgantara melihat peluang Prabowo-Sandi berpasangan kembali pada Pilpres 2024 sangat kecil. Kecuali, mereka mendapatkan dukungan dari koalisi yang besar.

Menurut Igor, terdapat faktor yang paling penting dalam menentukan pasangan capres-cawapres maju pada 2024, yakni manuver elite. “Jadi, kemungkinan Pak Prabowo berpasangan kembali dengan Sandi itu ada ya, tapi itu tergantung dari manuver elite di injury time nanti,” kata Igor.

Ia menambahkan, Prabowo juga dapat berpasangan dengan tokoh-tokoh lain karena politik bersifat kemungkinan. Tapi, sambungnya, peluang itu harus melihat dinamika politik, termasuk survei simulasi capres-cawapres.