PKB: Hashtag #2019GantiPresiden tiru Suriah

Tanda pagar alias hashtag #2019GantiPresiden yang dimotori oleh politisi PKS Mardani Ali Sera dinilai meniru Suriah pada 2011.

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (tengah) memberi keterangan pada wartawan seusai mengunjungi kediaman Neno Warisman (kiri) di Perumahan Griya Tugu Asri, Depok, Jawa Barat, Selasa (31/7). Kunjungan Prabowo tersebut untuk menyampaikan dukungan dan empati pascainsiden penolakan kunjungan Neno Warisman di Batam pada Sabtu (28/7) lalu. / Antara Foto

Tanda pagar alias hashtag #2019GantiPresiden yang dimotori oleh politisi PKS Mardani Ali Sera dinilai meniru Suriah pada 2011.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Kadir Karding mengatakan hashtag  #2019GantiPresiden merupakan produk impor yang diambil dari Suriah. 

"Itu terjadi di Suriah tahun 2011. Kenapa Suriah kacau? Karena salah satu faktornya yaitu hashtag ini yang kemudian dikapitalisasi," kata Karding di Posko Cemara, Menteng, Jakarta, Selasa (28/8). 

Aksi di Suriah, sambungnya, juga ditunggangi oleh kelompok-kelompok kepentingan yang ingin mendirikan sistem khilafah. Sehingga, aksi kelompok tersebut membuat terjadinya kekacauan di Suriah seperti saat ini.

Selain itu, Karding meyakini belum ada hasil survei atau data yang menyatakan hastag tersebut menurunkan elektabilitas Capres Joko Widodo. Kenyataannya adalah hashtag tersebut pernah dipakai di Suriah dan membuat kacau negara tersebut.