PKP sepakat Pemilu 2024 ditunda karena alasan ekonomi

PKN menilai penundaan Pemilu 2024 karena alasan ekonomi sangatlah rasional.

Logo Partai Keadilan dan Persatuan (PKP). Foto: Istimewa

Ketua Bidang Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPN Partai Keadilan dan Persatuan (DPN PKP), Faisal Manaf menyatakan sepakat Pemilu 2024 ditunda. Menurutnya, penundaan Pemilu 2024 karena alasan ekonomi sangatlah rasional, sebab prinsip penyelenggaraan prekonomian nasional harus berkelanjutan sesuai dengan amanah undang-undang.

"Menurut saya alasan penundaan pemilu 2024 yang diusulkan oleh Ketum PKB Muhaimin Iskandar dikarenakan pandemi Covid-19 yang telah berjalan selama dua tahun hingga mengakibatkan stagnasi bahkan penurunan ekonomi nasional," kata Faisal dalam keterangannya, Minggu (27/2).

Mantan Direktur Bela Negara Kementerian Pertahanan (Kemhan) menegaskan, dirinya sepakat Pemilu 2024 ditunda, bukan saja karena alasan pekonomian nasional, namun juga akan terjadinya hambatan dalam pembangunan nasional.  Ia menilai banyak pembangunan nasional yang harus diteruskan dengan konsisten dengan belajar dari pengalaman sebelumnya. 

"Setiap kali kita melaksanakan pemilu dan adanya pergantian kepemimpinan dalam pemerintahan, pasti selalu ada pembangunan nasional yang tidak dilanjutkan oleh pemimpin yang berikutnya dengan berbagai alasan. Padahal hasil pembangunanan tersebut merupakan cabang produksi yang penting bagi negara dan menguasai hajat hidup orang banyak," ujar purnawiraman TNI ini.

Lebih lanjut, Faisal yang pernah juga menjadi Komandan Kopaska TNI AL itu menyatakan, Indonesia sedang gencar-gencarnya bergiat dalam pembangunan di semua bidang. Terutama dalam pembangunan infrastruktur transportasi sebagai penunjang  pembangunan di daerah dan menjadi kebutuhan utama negara saat ini.