PKPI ganti nama, Hendropriyono bukan ketua umum lagi

Pergantian nama dan perombakan ketua umum berdasarkan hasil Munaslub di Jakarta, 25 Mei 2021.

Lambang Partai Keadilan dan Persatuan (PKP). Istimewa

Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) mengubah nama dan lambang partai. Keputusan diambil berdasarkan hasil Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) di Jakarta, 25 Mei 2021.

"Nama Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) diubah menjadi seperti ketika awal pendiriannya di tahun 1999, yaitu menjadi Partai Keadilan dan Persatuan (PKP). Perubahan AD/ART ini telah disahkan oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia," kata Sekretaris Jenderal DPN PKP, Said Salahudin, dalam keterangannya kepada Alinea.id, Kamis (2/9) malam.

Selain mengganti nama partai, munaslub juga merombak struktur partai. Jika sebelumnya dipimpin Diaz Hendropriyono, kini PKP dinahkodai Mayjen TNI Marinir (Purn) Yussuf Solichien. Dia menjadi ketua umum periode 2021-2026.

Saat masih aktif di militer, Yussuf pernah menjadi Komandan Pasukan Khusus Detasemen Jalamangkara (Denjaka). Pun pernah menjabat Asisten Operasi Korps Marinir, Komandan Lantamal V Maluku/Irian Jaya, hingga terakhir sebagai Asisten Perencanaan dan Anggaran TNI AL.

Setelah purnatugas, Yussuf memimpin Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) selama tiga periode berturut-turut.