PKS ingin dua nama calon wagub DKI berasal dari kader partai

PKS telah mengukur sejumlah nama kader yang dianggap mumpuni untuk duduk sebagai wagub DKI.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kanan) berjabat tangan dengan Sandiaga Uno (kiri) usai pengunduran diri Sandiaga sebagai Wagub DKI Jakarta di Balai Kota, Jakarta, Jumat (10/8)./Antara Foto

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) bersikukuh memiliki hak yang lebih besar untuk mengusung kadernya menjadi wakil gubernur DKI Jakarta pengganti Sandiaga Uno.

Pada proses lanjutan setelah Presiden melegitimasi pengunduran Sandi, PKS menyatakan keinginannya untuk menguasai proses seleksi dua nama yang akan diusulkan partai pengusung Anies-Sandi ke DPRD DKI.

"Kalau bisa calonnya dari kita dua-duanya," ujar Abdurrahman Suhaimi, Ketua Dewan Syariah Wilayah (DSW) PKS Jakarta, di gedung DPRD DKI, Selasa (18/9).

Ketua Fraksi PKS DPRD DKI itu menyebutkan, partainya telah mengukur kemampuan sejumlah nama kader yang dianggap mumpuni, untuk duduk sebagai wagub DKI.

Proses tersebut dilakukan langsung Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKS, dengan mempertimbangkan masukan dari Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKS DKI. Meski demikian, Suhaimi enggan menyebutkan siapa saja nama yang telah diperhitungkan tersebut. Ia beralasan, dirinya belum terlibat langsung dalam pembahasan tersebut.