PKS minta 4 menteri yang dipanggil Jokowi mundur

Dari keempat menteri yang dipanggil, tiga menteri menyatakan siap maju. Hanya Prabowo Subianto yang menjawab atas izin Jokowi.

Menteri Pertahanan sekaligus Ketua Umum Partai Gerindr, Prabowo Subinato dan Presiden Jokowi di Istana Negara. Foto: Setkab.

Anggota Komisi II DPR dari Fraksi PKS Mardani Ali Sera, menanggapi kabar empat menteri yang telah dipanggil dan ditanyai Presiden Joko Widodo (Jokowi) perihal pencalonan di Pilpres 2024. Dia menyarankan agar keempat menteri tersebut mundur dari jabatannya agar posisi mereka diisi oleh figur yang fokus menuntaskan visi-misi Jokowi.

"Sedikit saran, jika memang benar-benar ada menteri yang punya ambisi untuk maju dalam kontestasi pilpres, agar mempertimbangkan untuk mundur dari jabatannya saat ini. Beri kepada yang lain agar Pak Jokowi bisa betul-betul melayani rakyat dibantu menteri-menterinya yang penuh dan fokus," ujar Mardani kepada wartawan, Selasa (19/4).

Kabar keempat menteri dipanggil Jokowi itu diungkapkan politikus senior PDI Perjuangan Panda Nababan, dalam sebuah wawancara di akun Youtube salah satu media.

Keempat menteri itu ialah Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, dan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto. 

Dari keempat menteri yang dipanggil, tiga menteri menyatakan siap maju. Hanya Prabowo Subianto yang menjawab atas izin Jokowi.