Prabowo tidak diusung kader, begini penjelasan Partai Nasdem

Nasdem tidak ada mengusung ketua umum dari partai politik lain untuk Pilpres 2024.

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menggelar pertemuan dengan Ketua Umum Partai Nasdem di kantor DPP Nasdem, Jakarta, Rabu (1/6/2022). Foto: Twitter Partai Nasdem.

Nama Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, tidak didukung satupun Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasdem dalam proses penggodokan kandidat calon presiden (capres) di Rakernas Nasdem, JCC, Senayan, Jakarta.

Berbeda halnya dengan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Meskipun dia kader PDI Perjuangan, namanya diusulkan kedua terbanyak setelah Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di posisi pertama.

Menurut Sekretaris Steering Committee (SC) Rakernas Nasdem, Willy Aditya, tidak didukungnya Prabowo oleh DPW diduga karena kader tidak mau menginginkan figur yang terlalu dominan ke partai politik tertentu.

"Iya tentu proses rekomendasi ini kita dengar langsung tadi. Mungkin teman-teman di DPW memiliki catatan yang tidak menginginkannya asosiasi figur yang terlalu dominan ke partai politik tertentu," kata Willy dalam konferensi pers di JCC Senayan, Jakarta, Kamis (16/6).

Willy menegaskan, jika hal tersebut wajar dan bisa dipahami. Mengingat, dalam daftar capres yang diusung 34 DPW Nasdem, tidak ada nama ketua umum dari partai politik lain.