Puan sebut BLT minyak goreng hanya solusi jangka pendek

Puan mengatakan, BLT minyak goreng harus dilakukan dengan cepat, namun tepat sasaran.

Ketua DPR Puan Maharani. Foto: Istimewa

Ketua DPR, Puan Maharani, menyambut baik langkah pemerintah yang segera menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) untuk menyikapi tingginya harga minyak goreng. Namun demikian, Puan mengingatkan pemerintah bahwa BLT minyak goreng hanyalah solusi jangka pendek.

"Kami mengapresiasi langkah pemerintah untuk menyalurkan BLT minyak goreng, terutama di bulan Ramadan dan menjelang Lebaran, di mana kebutuhan masyarakat terhadap berbagai komoditas, termasuk minyak goreng cukup tinggi. Sebagai solusi jangka pendek ini patut diapresiasi," kata Puan dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (5/4).

Untuk solusi jangka panjang, Puan menyarankan agar pemerintah membenahi seluruh tata niaga minyak goreng dari hulu sampai hilir. Oleh karena itu, dia berharap agar pemerintah harus membenahi struktur pasar dan struktur industri minyak goreng.

"Termasuk penguasaan dari hulu ke hilir dalam produksi minyak goreng," ujarnya.

Politikus PDI Perjuangan ini mengatakan, BLT minyak goreng harus dilakukan dengan cepat, namun tepat sasaran. Menurutunya, penyaluran BLT minyak goreng yang tidak tepat sasaran akibat penyimpangan atau kelalaian petugas di lapangan sekalipun, akan berpotensi menimbulkan gejolak di masyarakat.