Puji setinggi langit, Bamsoet: Puan bisa bikin DPR lari

Menurutnya, Puan sudah mempunyai pengalaman mumpuni. Jam terbang kepemimpinannya, kata dia, tinggi sebagai seorang menteri.

Menko Polhukam Wiranto (kanan) berbincang dengan Menko PMK Puan Maharani (kiri) di sela-sela rapat kerja dengan Badan Anggaran (Banggar) DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (25/6). /Antara Foto.

Ketua DPR Bambang Soesatyo menilai, Putri Ketua Umum PDI Perjuangan sekaligus Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, mampu melanjutkan tampuk kepemimpinan DPR yang akan ditinggalkannya.

Masa jabatan Bamsoet—sapaan Bambang Soesatyo—akan berakhir 2019 ini. Pada awal 2018, ia menggantikan posisi Setya Novanto, yang terjerat kasus korupsi KTP elektronik. Bamsoet juga santer maju mencalonkan diri sebagai Ketua Umum Partai Golkar.

"Saya yakini, mbak Puan akan cepet running atau lari memimpin DPR," ujar Bamsoet saat ditemui rumah dinasnya di Jakarta Selatan, Sabtu (29/6).

Menurutnya, Puan sudah mempunyai pengalaman mumpuni. Jam terbang kepemimpinannya, kata dia, tinggi sebagai seorang menteri.

Lebih lanjut, Bamsoet berpesan kepada Puan agar menjaga hubungan baik dengan pemerintah. Ia pun percaya, DPR ke depan akan semakin baik kinerjanya karena sekat-sekat yang tersumbat dalam hubungan DPR dan pemerintah bisa dijembatani Puan.