Rakernas KAPT: Rumuskan rekomendasi soal kedaulatan pangan sampai tolak wacana 3 periode

KAPT juga menyikapi kondisi kekinian bangsa terutama di bidang politik.

Koordinator Nasional Bambang J. Pramono. Foto Dok KAPT

Wacana presiden tiga periode yang mencuat ke tengah publik terus memantik polemik. Komunitas Alumni Perguruan Tinggi (KAPT) pun menyatakan sikap menolak wacana tersebut karena merupakan preseden buruk bagi demokrasi.

"Kami tak ingin mencederai konstitusi, yang juga akan menjadi preseden buruk bagi perjalanan demokrasi Indonesia dan semangat reformasi. Tugas kami sebagai relawan Jokowi adalah mengingatkan bahwa wacana itu bukanlah langkah yang baik," kata Koordinator Nasional KAPT Bambang J. Pramono di acara Rakernas KAPT, di Wisma DPR RI, Cisarua, Bogor, Minggu (28/8). 

Menurut Bambang Jokowi juga sudah beberapa kali menolak wacana tiga periode karena menduga ada tiga motif di belakangnya. 

"Bahkan sejak Desember 2019 Pak Jokowi menengarai wacana tersebut mengandung 3 motif, yakni ingin menampar mukanya, mencari muka, ataupun ingin menjerumuskannya," lanjut Bambang. 

Menurutnya, KAPT sangat mendukung sikap Presiden Jokowi yang lugas menyatakan akan taat pada konstitusi, yang hingga saat ini tidak memberi opsi tiga periode.