SMRC: Golkar dapat suara banyak jika calonkan Ganjar Pranowo

Golkar mengalami penguatan dari 11% menjadi 17 persen% jika mencalonkan Ganjar Pranowo.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Alinea.id/Enrico PW

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, disebut akan mengubah peta dukungan partai politik jika dicalonkan oleh Partai Golkar di Pilpres 2024. Demikian temuan survei eksperimental yang dilakukan Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC).

Menurut temuan SMRC, Ganjar akan membawa dampak positif bagi Golkar bila dicalonkan sebagai presiden. Sebaliknya, PDIP justru mengalami penurunan suara sebesar 7% jika melepas Ganjar.  

Pendiri SMRC Saiful Mujani menjelaskan, survei eksperimental yang dilakukan SMRC untuk menilai efek calon presiden terhadap perolehan suara Partai Golkar. Ada tiga tokoh yang dipilih dan diperlakukan sebagai treatment, yakni Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ganjar, dan Menteri BUMN Erick Thohir.

Dalam presentasinya, Airlangga dimasukkan karena dia sebagai ketua partai. Ganjar karena ada diskusi di kalangan Golkar untuk diusung calon. Sementara, Erick adalah politikus non-partai yang selama ini sudah melakukan sosialisasi.

"Tokoh-tokoh lain yang sudah dideklarasikan oleh partai lain tidak dimasukkan, seperti Prabowo Subianto dan Anies Baswedan," kata Saidul dalam rilis temuan survei SMRC bertajuk Siapa Capres yang Membantu Menaikkan Golkar? pada Kamis (17/11).