Soal kunjungan ke luar negeri, Jokowi bela Prabowo

Lawatan Prabowo masih dalam rangka diplomasi pertahanan. Apalagi tantangan bidang pertahanan semakin luas spektrumnya.

Presiden Joko Widodo (ketiga kiri) didampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kedua kiri), Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko (kiri) dan Wakil Menteri Pertahanan Sakti Wahyu Trenggono berjalan menuju ruang Rapat Pimpinan (Rapim) Kementerian Pertahanan, TNI dan Polri di Kantor Kemhan, Jakarta. Antara Foto

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pasang badan untuk Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang acapkali pergi ke sejumlah negara. Dalam pidatonya, Jokowi menyampaikan pembelaannya terhadap Prabowo pada Rapat Pimpinan Kementerian Pertahanan tahun 2020.

Menurut dia, lawatan Prabowo masih dalam rangka diplomasi pertahanan. Bekas Wali Kota Solo itu menyampaikan demikian karena tantangan bidang pertahanan semakin luas spektrumnya.

"Jadi, kalau ada yang mempertanyakan Pak Menhan (Prabowo) pergi ke sebuah negara, pergi ke sebuah negara, pergi ke sebuah negara, itu adalah dalam rangka diplomasi pertahanan kita," kata Jokowi di Jakarta, Kamis (23/1).

Diplomasi pertahanan, kata Jokowi, merupakan salah satu cara untuk menghadapi tantangan yang semakin luas. Di sisi lain, kegiatan Prabowo tersebut juga untuk meredam ketegangan antarnegara.

Lebih lanjut, Jokowi mengungkap lawatan Prabowo ke sejumlah negara selain untuk diplomasi pertahanan, juga dalam rangka pengecekan alutsista yang hendak dibeli Indonesia.