Survei: Elektabilitas PDIP unggul dan meningkat, Gerindra malah turun

PDIP dinilai sebagai partai yang paling berpihak pada rakyat.

Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto (tengah) mmemberikan pernyataan saat memimpin Rakornas Pemilu 2019 di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta, Sabtu (1/12)./ Antara Foto

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) memperoleh elektabilitas tertinggi dibandingkan partai politik (parpol) lain peserta Pemilu 2019. Menurut hasil survei Lembaga Riset Publik (LRP), elektabilitas partai berlambang kepala banteng itu mencapai 31,2% selama periode Desember 2018.

"Kami menanyakan kepada responden, jika pemilu anggota legislatif dilakukan hari ini, partai politik mana yang dipilih? Hasilnya sebanyak 31,2% memilih PDIP," ujar Direktur Riset LRP, Arvan Maulana, dalam konferensi pers di Sofyan Hotel, Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (6/1).

Menurut Arvan, para pemilih menilai PDIP sebagai partai yang paling berpihak kepada rakyat kecil. Ada 23,8% responden yang menyampaikan alasan ini. Sementara yang menilai PDIP memiliki visi, misi, dan program yang bagus, jumlahnya 16,6%.

Dia mengatakan, elektabilitas partai besutan Megawati Soekarnoputri ini mengalami peningkatan signifikan di banding bulan-bulan sebelumnya.

"Pada Oktober 2018, trennya hanya berada pada 28,5%, lalu mengalami kenaikan sebesar 2,7% selama Desember 2018. Jadi jika dibandingkan dengan partai politik lain, gap kenaikan tren elektabilitas PDIP ini adalah yang tertinggi, disusul PBB yang mengalami kenaikan sebesar 1,2%" kata Arvan menerangkan.