Survei: Suara PDIP naik, Demokrat stabil

Suara PDIP mengalami kenaikan, sedangkan partai Demokrat relatif stabil dan partai-partai lain turun.

Ilustrasi. Foto Freepik.

Suara Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mengalami kenaikan dibandingkan perolehan di 2019. Sementara partai Demokrat relatif stabil dan partai-partai lain turun. Hal tersebut terungkap dalam survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) bertajuk “Trend Elektabilitas Partai”.

Direktur Riset SMRC Deni Irvani, menyatakan jika pemilu diadakan sekarang, PDIP mendapat dukungan terbesar, 24,1%; disusul Golkar 9,4%; Gerindra 8,9%; Demokrat 8,9%; PKS 6,2%; PKB 6,1%; Perindo 4,6%; Nasdem 3,2%; PPP 2,9%; dan PAN 1,7%. Sedangkan partai-partai lain mendapat dukungan di bawah 1%, dan yang belum tahu ada 20,9%. 

"Jika dibandingkan hasil pemilu 2019 lalu, dukungan kepada PDIP naik dari 19.3% menjadi 24,1%," ujar Deni, dalam paparannya yang disiarkan melalui YouTube, Minggu (18/12). 

Kemudian, elektabilitas Demokrat juga sedikit naik dari 7,8% menjadi 8,9%, atau relatif stabil. Sementara partai-partai lain yang ada di parlemen cenderung menurun. 

Namun demikian, Deni menambahkan setiap partai masih punya peluang menaikkan dukungan, karena masih ada sekitar 20,9% warga yang saat ini belum menentukan pilihan.