Surya Paloh dorong evaluasi draf RUU Omnibus Law

DPR diharap mengembalikan beberapa draf RUU Omnibus Law yang menuai kritik.

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto jabat tangan Ketum NasDem, Surya Paloh, di Kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Senin (9/3/2020)/Foto Alinea.id/Fadli Mubarok.

Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh meminta agar poin-poin yang termaktub dalam RUU Omnibus Law Cipta Kerja (Cipker) dan Perpajakan dapat dievaluasi ulang. Terkhusus beberapa ketentuan yang menuai kritik masyarakat.

Hal tersebut, kata Paloh, telah dikomunikasikan dengan Ketua Umum Golkar sekaligus Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam pertemuannya di Kantor DPP Golkar, Slipi, Jakarta Barat.

"Nah kami mempunyai kesepakatan terlepas beberapa pasal yang dianggap masih kontroversial, ini segera untuk kembali dievaluasi ulang," terang Paloh usai pertemuan, Senin (9/3).

Paloh berharap, DPR terlebih dahulu bisa mengembalikan beberapa draf Omnibus Law yang menuai kritik agar evaluasi ini bisa segera dilakukan, sehingga RUU Omnibus Law Cipker dan Perpajakan bisa disahkan sesuai target pemerintah.

Ditegaskan Paloh, sebagai otokritik, pemerintah seyogianya juga bisa melihat berbagai macam rekasi masyarakat akan beberapa ketentuan RUU Omnibus Law. Banyak masyarakat yang mengkritisi hal tersebut, dan pemerintah wajib mendengarkan dalam rangkan mengindahkan perbedaan atau demokrasi.