Surya Paloh rayu Anies Baswedan untuk Pilpres 2024?

Pertemuan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan disebut-sebut sebagai pancingan untuk Pilpres 2024

Pertemuan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan disebut-sebut sebagai pancingan untuk Pilpres 2024. / Antara Foto

Pertemuan Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (NasDem) Surya Paloh dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan disebut-sebut sebagai pancingan untuk Pilpres 2024.

Peneliti Center for Stategic and International Studies (CSIS) Arya Fernandes menilai yang dilakukan Paloh dengan mengundang Anies ke kantornya adalah bagian dari strategi NasDem untuk menarik figur lain agar merapat.

Menurut analisis Arya, pertemuan itu mengisyaratkan Anies dijadikan pancingan agar figur-figur lain juga mendekat jika ingin didukung oleh NasDem pada perhelatan Pilpres 2024. 

"NasDem itu kalau dia dekat dengan kandidat lain. Itu sebenarnya dia ingin menarik juga dari kandidat lain. Mungkin Ridwan Kamil, Khofifah Indar Parawansa, dan lain sebagainya. Jadi dia itu ingin menarik satu kandidat itu sebenarnya ingin memberi pesan kepada kandidat lain, supaya mereka ada pikiran 'Wah Nasdem sudah main sama Anies nih, saya harus dekati Nasdem nih'. Nah, itu cara Nasdem untuk menarik kandidat lain sebenarnya," kata Arya saat meladeni pertanyaan wartawan mengenai hubungan pertemanan Mega-Prabowo dan manuver Surya Paloh di Gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta, Kamis (25/7).

Arya memandang, NasDem kemungkinan sangat kecil meminang Anies pada Pemilu 2024. Sebab secara teori, hal itu sangat bergantung dari rapor Anies di Jakarta, serta psikologi publik terhadap kepemimpinan nasional.