Gara-gara unggah kaca mata Gucci, Mulan Jameela ditegur KPK

Mulan Jameela ditegur KPK gara-gara unggahan kaca mata bermerek Gucci di Instagram.

Mulan Jameela ditegur KPK gara-gara unggahan kaca mata bermerek Gucci di Instagram. / Antara Foto

Anggota DPR Fraksi Partai Gerindra Mulan Jameela kembali menjadi sorotan publik gara-gara mengunggah foto kaca mata merek Gucci di akun Instagramnya. Sampai-sampai, istri musisi Ahmad Dhani Prasetyo ini ditegur Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formmapi) Lucius Karus menilai unggahan Mulan tersebut dapat merusak nama baik, citra, dan kehormatan DPR.

Pasalnya, secara etik, anggota DPR punya kewajiban untuk menjaga citra dan kehormatan dewan yang diatur dalam Pasal 3 Peraturan DPR tentang Kode Etik DPR.

"Jangan sampai karena baru saja dilantik, Mulan belum baca panduan integritas yang tertuang dalam Kode Etik tersebut sehingga masih merasa sebagai artis ketika memanfaatkan media sosial untuk urusan yang berpotensi merusak nama baik, citra, dan kehormatan DPR," kata Lucius saat dihubungi Alinea.id di Jakarta, Jumat (18/10).

Menurut Lucius, anggota DPR berlatar-belakang selebritas seperti Mulan pasti akan banyak disorot etikanya saat sudah bekerja. Kata dia, publik berharap popularitasnya bisa membantu DPR memperbaiki citra dan kinerja yang selama ini cenderung negatif.