sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

8 hari Asian Games, omzet Smesco Indonesia naik 110%

"Sudah banyak produk-produk UKM yang dibeli oleh delegasi dari berbagai negara."

Gema Trisna Yudha
Gema Trisna Yudha Minggu, 26 Agst 2018 20:35 WIB
8 hari Asian Games, omzet Smesco Indonesia naik 110%

Perhelatan Asian Games 2018 berhasil mendongkrak omzet Smesco Indonesia sebagai salah satu official merchandise store Asian Games 2018. Hingga hari ke-8 gelaran ini berlangsung, kenaikan omzet sudah tercatat melebihi 100%.

Direktur Utam Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (LLP - KUKM) Emilia Suhaimi, sebagai pengelola Smesco Indonesia, mengaku senang dengan hal ini.

"Sudah banyak produk-produk UKM yang dibeli oleh delegasi dari berbagai negara," katanya di Jakarta, Minggu (26/8).

Dia menjelaskan, pertumbuhan omzet telah mencapai angka 110,8% pada hari ke-5 pesta olahraga terbesar se-Asia. Angka ini merupakan perbandingan dari tanggal yang sama pada 19 sampai 24 Juli, bulan lalu. 

Meski demikian, Emilia menggarisbawahi kepedulian Dinas Koperasi dan UKM dari berbagai daerah kurang optimal menyambut gelaran Asian Games. Ini tampak dari kurangnya respon untuk mempercepat sirkulasi produk-produk yang habis atau hampir habis. 

Hal ini membuat penjualan produk-produk yang diminati pun menjadi kurang maksimal.

"Dinas koperasi kurang sadar, padahal ini (Smesco Indonesia) sangat membantu produk unggulan UKM dari daerahnya, tapi mereka kurang serius dan ogah-ogahan. Seolah-olah ini sebagai kerja tambahan bagi mereka, terutama dari Daerah Sulawesi Utara," ucap dia.

Di sisa waktu Asian Games yang tinggal beberapa hari lagi, Emilia berharap peran dan komitmen pemerintah daerah melalui Dinas Koperasi dan UKM-nya dapat lebih ditingkatkan. Produk UKM yang mereka titipkan di Smesco Indonesia ini menjadi pintu masuk bagi pelaku usaha di daerah untuk mengembangkan produknya ke pasar ekspor.

Sponsored

Sumber: Antara

Berita Lainnya
×
tekid