logo alinea.id logo alinea.id

Adhi Karya bentuk anak usaha LRT City Rp1 triliun

PT Adhi Karya (Persero) Tbk., resmi membentuk anak usaha PT Adhi Commuter Properti (ACP) untuk pengembangan LRT City senilai Rp1 triliun.

Laila Ramdhini
Laila Ramdhini Sabtu, 21 Jul 2018 23:02 WIB
Adhi Karya bentuk anak usaha LRT City Rp1 triliun

PT Adhi Karya (Persero) Tbk., resmi membentuk anak usaha PT Adhi Commuter Properti (ACP) untuk pengembangan LRT City senilai Rp1 triliun.

Komisaris Utama ACP Pundjung Setya Brata mengatakan langkah ini dilakukan untuk ekspansi bisnis perusahaan membangun proyek kawasan terpadu Light Rapid Transit atau LRT City. 

Spin off ini dilakukan untuk mempercepat gerak ACP, yang tadinya merupakan divisi Transit Oriented Development Adhi Karya,” kata Pundjung dalam konferensi pers LRT City di Jakarta, Sabtu (21/7).

Adhi menyuntikkan dana sebesar Rp1 triliun sebagai ekuitas anak usaha tersebut. Menurut Pundjung, dana tersebut akan diserap untuk akuisisi lahan dan pembangunan proyek TOD LRT City yang sedang berjalan. 

Pundjung mengatakan total investasi yang dibutuhkan untuk  mengembangkan 7 proyek LRT City di 7 lokasi berbeda senilai Rp12 triliun. 

Dengan total lahan seluas 436.694 m2, sebanyak 6 proyek merupakan apartemen dan kawasan komersial, dan sisanya yaitu MTH 27 - Cikoko merupakan Office Building.

Proyek LRT City yang akan dikembangkan dengan konsep pendekatan TOD ini, hingga saat ini 3 kawasan sudah melakukan proses pembangunan, yaitu Eastern Green yang telah melakukan topping off, dan saat ini tengah dalam pekerjaan fasad

Sedangkan Royal Sentul Park dan Gateway Park, saat ini tengah dalam proses konstruksi. Empat proyek lain, yaitu Urban Signature, Cisauk Point, Oase Park dan MTH 27 sedang dalam proses persiapan.

Sponsored

Sementara, Direktur Utama ACP, Amrozi Hamidi mengatakan Adhi Commuter Properti (ACP) membidik pendapatan pra penjualan (marketing sales) sebesar Rp1 triliun untuk penjualan hunian berbasis transit oriented development (TOD) tahun ini.

Amrozi mengatakan penjualan hunian TOD yang diperoleh hingga Juni ini telah mencapai Rp153 miliar.

"Target Rp1 triliun saat ini dan di akhir Juni kemarin telah Rp150 miliar," katanya.

Amrozi  memaparkan, pihaknya optimistis target tersebut dapat diperoleh hingga akhir tahun. Sebab, pendapatan tersebut baru berasal dari tiga proyek dan belum ditambah empat proyek lainnya.

"Kita optimis hingga akhir tahun itu Rp1 triliun karena kan Rp153 miliar baru tiga kawasan jadi, belum kalau tambah empat kawasan," katanya.

Selain itu, untuk menambah pendapatan tersebut pihaknya menggelar pameran properti LRT City Expo di Lotte Shopping Avenue. Dari acara tersebut pihaknya menargetkan penjualan hingga Rp19 miliar.

"Selama pameran, kami menargetkan penjualan sebesar Rp19 miliar," ungkap Manager Marketing ACP Djoko Santoso. 

Berikut proyek LRT City:

1. LRT City Bekasi Timur - Eastern Green
2. LRT City Jaticempaka - Gateway Park
3. LRT City Ciracas - Urban Signature
4. LRT City Sentul - Royal Sentul Park
5. Oase Park - Ciputat  (Member of LRT City)
6. Cisauk Point - Cisauk (Member of LRT City)
7. MTH 27 Office Suite -  Cikoko

Mencari keadilan tragedi kerusuhan 22 Mei

Mencari keadilan tragedi kerusuhan 22 Mei

Minggu, 26 Mei 2019 02:15 WIB
Ambu: Konflik 3 generasi dan adat Suku Baduy

Ambu: Konflik 3 generasi dan adat Suku Baduy

Sabtu, 25 Mei 2019 11:56 WIB