sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Aturan Kemenaker soal THR 2022: Tidak dicicil, paling telat H-7 Lebaran

Kemenaker membentuk Posko THR guna memastikan tidak ada perusahaan yang melanggar aturan.

Bessam
Bessam Jumat, 08 Apr 2022 21:55 WIB
Aturan Kemenaker soal THR 2022: Tidak dicicil, paling telat H-7 Lebaran

Pengusaha diminta memberikan tunjangan hari raya (THR) kepada para pekerja/buruhnya selambat-lambatnya 7 hari jelang Idulfitri 1443 H/2022 M. Ini sesuai Surat Edaran Menteri Ketenagakerjaan (SE Menaker) Nomor M/1/HK.04/IV/2022.

Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) pun membentuk Posko THR guna memastikan tidak ada perusahaan yang melanggar SE Menaker tersebut. Posko dibuka secara daring melalui laman poskothr.kemnaker.go.id.

"Posko THR akan memberikan pelayanan pendampingan dan penegakan hukum dalam rangka mengawal dan mengawal pelaksanaan THR Keagamaan 2022," ujar Menaker, Ida Fauziyah, pada Jumat (8/4).

Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini menerangkan, THR diatur guna memenuhi kebutuhan pekerja/buruh dan keluarganya dalam rangka merayakan hari raya keagamaan. Hal tersebut sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 36 Tahun 2021 dan Peraturan Menaker (Permenaker) Nomor 6 Tahun 2016.

Sponsored

"Pemberian THR keagamaan merupakan kewajiban pengusaha kepada pekerja atau buruh," tegasnya.

Ida menambahkan, THR keagamaan adalah pendapatan nonupah. Pada tahun ini, Kemenaker tidak memberikan keringan kepada pengusaha alias diberikan utuh atau 100%.

Kebijakan itu disebut berdasarkan berbagai pertimbangan matang. Misalnya, tingginya cakupan pengendalian dan vaksinasi Covid-19 yang berdampak positif terhadap normalisasi aktivitas masyarakat.

Berita Lainnya
×
tekid