sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Badan Pangan Nasional pastikan stok beras tersedia dan mencukupi

NFA menggandeng Satgas Pangan Polri untuk menjaga penyaluran berjalan lancar, tepat sasaran dan tersalurkan dengan harga yang tepat.

Erlinda Puspita Wardani
Erlinda Puspita Wardani Jumat, 13 Jan 2023 19:12 WIB
Badan Pangan Nasional pastikan stok beras tersedia dan mencukupi

Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) memastikan, stok beras untuk program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) tersedia dan mencukupi. Hal tersebut dilakukan dengan menggandeng sejumlah stakeholder pangan mengecek langsung stok Cadangan Beras Pemerintah (CBP) di Gudang Perum Bulog Kanwil DKI Jakarta dan Banten, Kelapa Gading, Jakarta.

Kepala NFA Arief Prasetyo Adi mengatakan, bersama Kementerian Perdagangan, Satgas Pangan Polri, BUMN, BUMD, Asosiasi Perkumpulan Penggilingan Padi dan Pengusaha Beras Indonesia (Perpadi), serta perwakilan Pedagang Beras Pasar Induk dan beras Cipinang, telah datang langsung ke gudang Bulog Kanwil DKI Jakarta dan Banten, guna memastikan stok beras untuk SPHP tersedia dan siap digelontorkan ke pasar untuk menjaga stabilisasi harga sampai dengan panen raya Februari-Maret tahun ini.

“Tadi sudah kami cek langsung dan lihat bersama stok tersedia. Stok beras hasil pengadaan dari luar juga tersimpan aman di gudang Bulog dan siap disalurkan hanya untuk Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan di pasar Induk beras Cipinang dan kantung distribusi lainnya,” ujar Arief dalam keterangan resminya, Jumat (13/1).

Ia memastikan, sampai panen raya tahun ini stok CBP yang tersimpan di Bulog disalurkan lebih masif, untuk itu, dia menggandeng Satgas Pangan Polri untuk menjaga penyaluran berjalan lancar, tepat sasaran dan tersalurkan dengan harga yang tepat.

“Perintahnya Bapak Presiden, stok CBP keluarkan untuk operasi pasar masif, di seluruh Indonesia. Harganya Rp8.300, Rp8.600, dan Rp8.900 per kg sesuai pembagian zonasi. Teman-teman Satgas Pangan dititipkan pesan agar kawal harga dan delivery-nya. Teman-teman pedagang juga tolong bantu dan jaga bersama, karena cara membantu distribusinya dengan teman-teman pedagang,” ucap Arief.

Untuk menjaga supaya tidak terjadi penyalahgunaan, proses penyaluran beras CBP terdaftar by name dan by addres.

“Kalau ada list-nya di situ, kemudian berasnya tidak sampai kasih tahu kami, Satgas Pangan ada di sini. Karena ini menggunakan uang negara jangan sampai ada penyalahgunaan,” katanya

Lebih lanjut Arief memaparkan, di 2023 ini, sampai dengan 11 Januari, Bulog telah merealisasikan penyaluran SPHP sebanyak sekitar 26.000 ton di seluruh Indonesia. Angka ini akan terus ditingkatkan dan dilakukan secara merata di seluruh Indonesia sampai dengan panen raya.

Sponsored

“Penyaluran CBP sampai panen raya akan terus ditingkatkan, caranya jangan nyipratin tetapi diguyur. Kekuatan di Gudang Bulog Kanwil DKI Jakarta dan Banten ada 40.000 ton, sudah keluar 4.000-6.000 ton, jadi sekitar 35.000 ton untuk stabilisasi di Jabodetabek. Sasaran di Cipinang stoknya 24.000 ton. Saya lapor Bapak Presiden angkanya akan jadikan sekitar 30.000 ton ke atas. Jadi Cipinang siap-siap diisi,” tutur Arief menambahkan.

Berdasarkan data sampai dengan 12 Januari 2023, total stok beras Bulog saat ini sebanyak 341.000 ton yang terdiri dari 333.000 ton atau 97,9% stok CBP dan 7,1 ribu ton atau 2% stok komersial. Dari 333.000 ton CBP tersebut, 5%-nya atau 98.000 ton adalah stok pengadaan dari luar, sedangkan 95%-nya stok pengadaan dalam negeri dan lainnya.

Jejak berdarah Sumiarsih dari Gang Dolly

Jejak berdarah Sumiarsih dari Gang Dolly

Minggu, 05 Feb 2023 06:18 WIB
Supaya posyandu lansia tak tersia-sia...

Supaya posyandu lansia tak tersia-sia...

Sabtu, 04 Feb 2023 06:12 WIB
Berita Lainnya
×
tekid