logo alinea.id logo alinea.id

Bank Mandiri klaim transaksi belanja online di 2018 capai Rp24 T

Tren volume transaksi belanja online melalui Bank Mandiri meningkat sampai 400% bila dibandingkan tahun 2017.

Eka Setiyaningsih
| Eka Setiyaningsih Senin, 14 Jan 2019 18:07 WIB
Bank Mandiri klaim transaksi belanja online di 2018 capai Rp24 T

Bank Mandiri mengklaim transaksi belanja online yang dilakukan masyarakat pada 2018 mencapai Rp24 triliun. Tren volume transaksi belanja online ini meningkat sampai 400% bila dibandingkan pada tahun sebelumnya.

“Transaksi platform digital pelaku daring melalui Bank Mandiri pada tahun lalu mengalami peningkatan volume transaksi naik 400% dibandingkan tahun 2017,” kata  SEVP Consumer and Transaction Bank Mandiri, Jasmin di Jakarta pada Senin (14/1).

Jasmin mengakui, tren belanja masyarakat saat ini sebagian besar dilakukan secara online. Itu mengapa pihaknya berinisiatif melakukan kerja sama dengan pelaku penyedia bisnis jual beli daring, yakni Shopee untuk menjual produk e-money.

“Kami akan membuka toko resmi di Shopee yang nantinya akan menjual merchandise e-money dalam berbagai pilihan edisi khusus dan unik dengan desain bervariasi seperti Asian Games 2018, Marvel Avengers, Star Wars, Disney Tsum Tsum dan lain-lain,” ujar Jasmin.

Meskipun masyarakat memperolehnya secara online, ia pun memastikan, barang yang dijual asli. Produk e-money tersebut bisa langsung digunakan untuk berbagai transaksi harian, seperti pembayaran jalan tol, TransJakarta, parkir sampai minimart.

"Dengan perkembangan pesat Shopee sebagai salah satu daring yang paling banyak dikunjungi, kami percaya kerja sama ini dapat semakin mempermudah masyarakat yang ingin memiliki Mandiri e-money atau bahkan mengoleksi berbagai edisi e-money yang telah diterbitkan," ujarnya.

Dengan membuka toko resmi pertama di Shopee, Bank Mandiri berharap dapat semakin memperkuat penetrasi keuangan elektronik di masyarakat, sehingga pihaknya turut serta mengakselerasi gerakan nasional non-tunai yang sedang digalakkan Pemerintah dan Bank Indonesia.

Hingga akhir Desember 2018, perseroan telah menerbitkan sebanyak 16,4 juta kartu dengan akseptasi mandiri e-money di lebih dari 45.000 pedagang dan 60.000 lokasi top up.

Sponsored

“Uang elektronik yang dijual di toko resmi saat ini mendapat diskon atau potongan harga sebanyak 20%. Diskonnya sampai akhir bulan ini,” ujar Jasmin.

Sementara Director Shopee Indonesia, Handhika Jahja, berkomitmen untuk mendengarkan masukan dari pengguna dalam berinovasi, termasuk bekerja sama dengan mitra-mitra ternama dalam menambah ragam pilihan produk sesuai dengan kebutuhan.

"Shopee sangat senang menjadi mitra yang dipercaya oleh Bank Mandiri untuk memperluas jangkauan dalam memberikan kemudahan bagi para pengguna untuk memiliki akses secara langsung dan mudah ke produk-produk e-money Bank Mandiri," ujar Handhika.