sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Bidik pertumbuhan investor, KSEI rilis aplikasi AKSes

KSEI menargetkan pertumbuhan investor baru mencapai 50% lewat aplikasi ini.

Annisa Saumi
Annisa Saumi Senin, 20 Mei 2019 11:42 WIB
Bidik pertumbuhan investor, KSEI rilis aplikasi AKSes

PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) meluncurkan fasilitas AKSes (Acuan Kepemilikan Sekuritas) generasi terbaru atau AKSes Next-G. Fasilitas ini diharapkan dapat mendongkrak jumlah investor baru. 

Direktur Utama KSEI Friderica Widyasari Dewi mengatakan aplikasi AKSes next generation yang diluncurkan hari ini merupakan pengembangan dari investor area tahun 2009.

"Tahun 2011 kita jadi mobile, 2014 kita branding, sekarang next generation," kata Friderica di Gedung Bursa Efek Indonesia, Senin (20/5).

Friderica melanjutkan, jika dulunya akses aplikasi hanya untuk investor saja, saat ini orang-orang yang belum menjadi investor juga bisa mendaftar di aplikasi ini.

Ada beberapa fitur yang menjadi kelebihan AKSes generasi baru ini dibandingkan aplikasi sebelumnya. 

Pertama, pengguna aplikasi bisa mendapatkan info tentang saham milik mereka di halaman aplikasi. 

Kedua, pengguna bisa melihat informasi terkait jumlah investor, latar belakang, usia, dan sebagainya.

"Yang paling menarik sebenarnya AKSes ini bisa mengkompilasi semua portofolio yang dimiliki investor, baik saham, reksadana, dan lain-lain," ujar Friderica.

Sponsored

Salah satu alasan KSEI mengembangkan aplikasi AKSes ini, lanjut Friderica, karena jumlah investor yang menggunakan fasilitas AKSes masih kurang dari 12% hingga akhir 2018. Beberapa kendala yang dihadapi antara lain karena proses registrasi masih membutuhkan dokumen fisik berupa kartu AKSes dan PIN code.

KSEI pun menargetkan 50% dari 1,8 juta investor per 16 Mei 2019, dapat menggunakan aplikasi AKSes hingga akhir tahun ini.

"Target kita yang pertama meningkatkan perlindungan si investor, kedua meningkatkan jumlah investor," tutur Friderica.