sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Bus TransJakarta beroperasi 24 jam mulai hari ini

Layanan ini berlaku untuk 13 koridor.

Fatah Hidayat Sidiq
Fatah Hidayat Sidiq Senin, 12 Sep 2022 09:48 WIB
Bus TransJakarta beroperasi 24 jam mulai hari ini

PT Transportasi Jakarta kembali mengoperasikan armada TransJakarta selama 24 jam dalam sehari. Kebijakan mulai berlaku per hari ini (Senin, 12/9).

"Layanan 24 jam setiap hari ini berlaku di 13 koridor," ucap Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan TransJakarta, Anang Rizkani Noor, dalam keterangannya.

Kebijakan ini sempat ditangguhkan seiring terjadinya pandemi Covid-19. Pangkalnya, pemerintah melakukan serangkaian kebijakan yang memperketat mobilitas orang.

Transjakarta beroperasi mulai pukul 05.00-22.00 WIB pada waktu operasional reguler. Namun, diperpanjang dengan mengaktifkan angkutan malam hari (amari), beroperasi mulai pukul 22.00-05.00 WIB.

"Semoga penambahan waktu layanan ini ikut membantu masyarakat di saat harga BBM naik," ujarnya. Armada amari memiliki kode M1-M13.

Layanan 24 jam tersebut juga sesuai Surat Keputusan Kepala Dinas Perhubungan (SK Kadishub) DKI Jakarta Nomor 415 Tahun 2022. 

Anang menambahkan, petugas di halte dan bus juga disesuaikan guna mendukung operasi 24 jam setiap hari. "Kami mengimbau pelanggan tetap waspada dan berhati-hati bepergian di malam hari."

Sponsored

Setidaknya sekitar 3.500 bus dioperasionalkan operator TransJakarta, baik layanan dengan halte (BRT) atau non-BRT. Sebanyak 30 unit di antaranya sudah menggunakan bahan bakar listrik.

Di sisi lain, TransJakarta tak menaikkan tarif menyusul kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM), termasuk solar, pada 3 September lalu. Sebab, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengucurkan Rp62,5 miliar untuk membantu operasionalnya.

Berita Lainnya
×
tekid