sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Ekspansi bisnis jalan tol, Gudang Garam dirikan Surya Kertaagung Toll

Surya Kertaagung Toll merupakan cucu usaha Gudang Garam.

Annisa Saumi
Annisa Saumi Selasa, 10 Nov 2020 16:20 WIB
Ekspansi bisnis jalan tol, Gudang Garam dirikan Surya Kertaagung Toll

Emiten rokok PT Gudang Garam Tbk. (GGRM) melakukan ekspansi ke bisnis jalan tol dengan mendirikan PT Surya Kertaagung Toll (SKT). Perusahaan yang didirikan pada 6 November 2020 ini merupakan anak usaha dari PT Surya Kerta Agung (SKA), anak usaha perseroan.

Corporate Secretary Gudang Garam Heru Budiman dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI) mengatakan, pendirian SKT telah dituangkan ke dalam akta pendirian Nomor 09 tanggal 6 November 2020.

"Maksud dan tujuan SKT adalah berusaha dalam bidang pembangunan, peningkatan, pemeliharaan dan perbaikan jalan, jalan raya dan jalan tol, jembatan dan jalan layang," kata Heru, Selasa (10/11).

Dia melanjutkan, SKT juga berusaha dalam kegiatan pembangunan, peningkatan, pemeliharaan penunjang, pelengkap dan perlengkapan jalan, jembatan dan jalan layang seperti pagar atau tembok penahan. Lalu drainase jalan, marka jalan, dan rambu-rambu, serta pemasangan bangunan prafabrikasi.

Sponsored

Lebih lanjut, SKT memiliki modal dasar Rp1,2 triliun, dengan modal ditempatkan dan disetor sebesar Rp300 miliar atau sebanyak 300.000 saham dengan nilai nominal Rp1 juta per saham.

Dalam pendirian SKT ini, Surya Kerta Agung tercatat mengambil bagian saham sebanyak 299.999 saham atau 99,9%. Jumlah saham ini setara dengan Rp299 miliar. Sementara sisanya sebanyak satu saham atau 0,1% dimiliki oleh Heru Budiman. Jumlah tersebut setara dengan Rp1 juta.

Berita Lainnya