sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Ekspor benih lobster dilarang Susi Pudjiastuti, kini dibuka Edhy

Menteri KKP Edhy Prabowo berencana mencabut larangan ekspor benih lobster yang telah ditetapkan era Susi Pudjiastuti.

Nanda Aria Putra
Nanda Aria Putra Selasa, 10 Des 2019 22:32 WIB
Ekspor benih lobster dilarang Susi Pudjiastuti, kini dibuka Edhy
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 389.712
Dirawat 62.649
Meninggal 13.299
Sembuh 313.764

Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo berencana mencabut larangan ekspor benih lobster yang telah ditetapkan dalam Peraturan Menteri 56/2016 era Susi Pudjiastuti, karena dinilai menguntungkan.

Menanggapi hal tersebut Ekonom Universitas Indonesia (UI) Faisal Basri mengatakan wacana tersebut sebagai ide gila. Pasalnya, lobster seharusnya menjadi sumber devisa negara, tetapi benihnya malah ingin dijual bebas.

"Sektor perikanan itu adalah salah satu dari sedikit yang surplus. Sumber yang bisa kita tingkatkan penerimaan ekspornya, eh kita jual bibitnya. Gila enggak?" katanya di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa (10/12).

Faisal geram dengan rencana yang akan dilakukan oleh Menteri KKP yang baru tersebut. Dia mengatakan, jika menjual lobster dewasa nilainya akan sangat tinggi.

"Harga lobster kan mahal. Jadi kalau benihnya yang jutaan kita pelihara sudah jadi dewasa baru kita ekspor kan nilainya tinggi," ujarnya.

Selain mengurangi devisa negara, menjual benih lobster menurut Faisal juga merusak lingkungan karena eksploitasi dan mengganggu ekosistem laut. Dia pun menyebut Edhy tidak peduli dengan kerusakan yang terjadi.

"Kalau boleh diekspor, ya rusaklah tuh lingkungan. Telur-telur lobster itu rusak. Pokoknya dia enggak peduli laut kita rusak lagi," ucapnya. 

Faisal pun menerangkan, larangan ekspor benih lobster yang selama ini diberlakukan Susi Pudjiastuti sudah tepat dan harus dilanjutkan. Dia juga menengarai adanya mafia yang bermain dalam wacana dicabutnya larangan impor benih lobster tersebut.

Sponsored

Namun, Faisal tidak menjelaskan siapa mafia yang dimaksud. Dia hanya memberi indikasi bahwa mafia ini adalah mafia yang sama dalam penyelundupan kapal-kapal yang sempat ditenggelamkan Susi dalam beberapa tahun terakhir.

"Karena tahu untungnya besar sekali. Lebih besar dari kapal ilegal itu. Kapal ilegal kan enggak ada artinya, ditenggelamkan ruginya sedikit. Kalau untungnya dari benih lobster, besar," ucapnya.

Sebelumnya, Edhy Prabowo mengatakan harga jual benih lobster di pasar internasional mencapai Rp139.000 per benih. Untuk itu dia mengatakan akan menjadikan penjualan benih lobster tersebut sebagai salah satu komoditas dagang Indonesia.

Berita Lainnya