sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

GoTo klaim berkontribusi sebesar 1,6% terhadap PDB

Ekosistem di GoTo yang dinilai paling cepat beradaptasi di masa pandemi ini adalah melalui Gojek, di mana mencapai 92% UMKM.

Asyifa Putri
Asyifa Putri Jumat, 12 Nov 2021 17:53 WIB
 GoTo klaim berkontribusi sebesar 1,6% terhadap PDB

GoTo melalui ekosistem Gojek, Tokopedia dan GoTo Finansial berkomitmen mendorong kemajuan UMKM lokal melalui peningkatan daya saing. Hal itu bertujuan agar dapat bangkit bersama mendorong pemulihan ekonomi nasional yang terdampak pandemi. 

Untuk itu, GoTo berkolaborasi dengan mitra strategis menggelar Konferensi Nasional Maju Digital, guna mendorong kapasitas pelaku UMKM Indonesia lewat pemerataan pengetahuan berbisnis.

Konferensi nasional dan Kelas Maju Digital adalah bagian dari gerakan bangkit bersama GoTo yang menawarkan solusi menyeluruh bagi UMKM lokal, konsumen, mitra pengemudi, dan masyarakat umum supaya bisa mendorong pemulihan ekonomi daerah hingga nasional. 

Chief Corporate Affairs Grup GoTo Nila Marita mengungkapkan, GoTo telah banyak berkontribusi terhadap pemulihan perekonomian Indonesia. Di mana, sebanyak lebih dari empat juta mitra telah bergabung di GoTo sejak 2020. 

Berdasarkan survei yang dilakukan pihak GoTo, ekosistem di GoTo yang dinilai paling cepat beradaptasi di masa pandemi ini adalah melalui Gojek, di mana mencapai 92% UMKM. Selain itu, GoTo juga telah berkontribusi terhadap PDB Nasional sebesar 1,6% melalui ekosistem Gojek dan GoTo Finansial. 

Lebih lanjut, di Tokopedia sendiri sebanyak tujuh dari sepuluh pelaku UMKM mengalami kenaikan volume penjualanan. 

"Jadi, kita juga melihat para mitra di Tokopedia selalu melakukan banyak inovasi selama masa pandemi ini. Sehingga, mereka tetap dapat menaikkan volume penjualanan meski di masa pandemi ini," ujar Nila Marita dalam Konferensi Nasional Maju Digital GoTo, Jumat (12/11).

Survei LDUI terhadap ekosistem GoTo Financial menyatakan, mitra usaha di GoTo Financial naik tiga kali lipat, serta total transaksi juga meningkat hampir enam kali lipat. Sementara itu, kenaikan pendapatan juga terjadi pada mitra UMKM Gofood yaitu sebesar 66% pada 2021. 

Sponsored

"Dari data-data yang kita miliki terutama di masa pandemi, memperlihatkan bahwa para pelaku UMKM sangat terbantu dengan mereka going digital. Di mana dengan masuk ke dalam ekosistem di GoTo seperti Gojek, Tokopedia dan GoTo Financial," lanjut Nila dalam daring. 

Untuk dapat terus memberikan manfaat bagi para pelaku UMKM, GoTo memberikan berbagai inisiatif salah satunya yaitu #BangkitBersama. 

Adapun beberapa inisiatif dari #BangkitBersama, di antaranya Inisiatif Hyperlocal Memaksimalkan Eksposur UMKM dan Pemberdayaan UMKM Dorong Pembukaan Lapangan Pekerjaan. Dengan adanya inisiatif tersebut, diharapkan dapat menjadi sumbangsih kepada Indonesia sebagai potensi ekonomi terbesar di Asia Tenggara.

"Seperti yang diketahui, UMKM menjadi salah satu tulang punggung utama dari pertumbuhan ekonomi. Dari inisiatif #BangkitBersama ini, kita sudah memulai dari beberapa kota di antaranya Medan, Jabodetabek, Bandung, Solo, Semarang, Surabaya dan akan terus berlanjut ke daerah lainnya," ungkapnya.

Selanjutnya AVP of Product-Seller Experience Tokopedia Puput Hidayat juga mengatakan, Konferensi Nasional Maju Digital menjadi acara nasional UMKM lokal terbesar dan pertama dari GoTo, di mana akan mengundang 16 pembicara dari pemerintah, pakar, serta pelaku UMKM lokal dari berbagai bidang usaha.

"Melalui 16 pembicara ini, para pelaku UMKM dapat sharing ataupun belajar terkait berbagai macam topik. Dimana, GoTo menargetkan sebanyak belasan ribu UMKM lokal dapat mengikuti acara konferensi tersebut," ujar Puput Hidayat.

Para peserta dapat mengikuti 11 sesi dengan beragam topik seputar memulai bisnis, pengelolaan modal, branding dan pemasaran, lisensi usaha, dan masih banyak lainnya. Selain itu, ada sesi diskusi bersama para narasumber untuk mendapatkan wawasan serta ilmu baru. 

Berbagai sesi dalam acara Konferensi Nasional Maju Digital dapat diakses oleh para peserta melalui YouTube channel Tokopedia Seller dan Mitra Usaha Gojek, Tokopedia Academy, Tokopedia Play, dan GoPlay Channel. Para peserta dapat mengikuti Konferensi Nasional Maju Digital ini secara gratis dengan mendaftarkan diri melalui website https://academy.tokopedia.com

Sebagai penutup, Puput menegaskan bahwa GoTo akan lebih banyak menambah kota dan kelas maju digital. Sehingga, lebih banyak UMKM lokal yang dapat ikut merasakan manfaat dari berbagai inisiatif GoTo. 

Berita Lainnya
×
tekid