sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

HUT ke-11, Tokopedia ajak masyarakat kolaborasi dan inovasi

Sekitar 94% dari 8,6 penjual di Tokopedia merupakan usaha ultramikro.

Fatah Hidayat Sidiq
Fatah Hidayat Sidiq Senin, 17 Agst 2020 16:47 WIB
HUT ke-11, Tokopedia ajak masyarakat kolaborasi dan inovasi
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 406.945
Dirawat 58.868
Meninggal 13.782
Sembuh 334.295

Penyedia jasa lokapasar (marketplace) Tokopedia memasuki usia ke-11 bertepatan dengan HUT ke-75 Indonesia. Sebanyak 8,6 juta penjual lebih, 94%-nya berskala ultramikro, telah bergabung dengan perusahaan teknologi buatan dalam negeri ini, bahkan dikunjungi 90 juta masyarakat per bulan dan menjangkau 98% kecamatan se-Tanah Air.

Founder dan CEO Tokopedia, William Tanuwijaya, menyatakan, perlu semangat anyar untuk terus beradaptasi dengan kebiasaan baru (AKB) dalam merayakan usia ke-11 di tengah pandemi. Apalagi, menyaksikan keberanian, kegigihan, dan harapan para pegiat usaha dalam berkontribusi signifikan terhadap perekonomian nasional.

"Karena mereka, lebih dari 1% perekonomian Indonesia telah terjadi di atas Tokopedia. Kami sangat bersyukur karena walau pandemi memukul keras, seluruh mitra strategis Tokopedia, baik penjual, pembeli, pemerintah, dan mitra strategis lainnya, berkolaborasi lebih gencar dalam membantu para pegiat usaha di Indonesia, khususnya UMKM, bertahan sekaligus berkontribusi memulihkan ekonomi yang terdampak pandemi," paparnya dalam keterangan tertulis, Senin (17/8).

Sebagai bentuk apresiasi terhadap para mitra strategis, Tokopedia menghadirkan Tokopedia Play Fest via Tokopedia Play. Festival virtual tersebut terdiri dari sejumlah gelar wicara bersama pembicara inspiratif dari berbagai latar belakang, seperti Menteri Keuangan, Sri Mulyani; Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi; pakar teknologi; pegiat usaha lokal; dan lainnya.

Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, saat menjadi pembicara Tokopedia Play Fest. Dokumentasi Tokopedia

Dalam gelar wicara "Leader are Human Too", Retno Marsudi memberikan semangat bagi masyarakat untuk optimistis di tengah pagebluk. "Situasi yang kita hadapi saat ini bukan situasi yang mudah. Namun, kita tidak boleh menyerah dan harus tetap optimis. Jangan pernah kendorkan optimisme dan persatuan kita sebagai bangsa."

"Mari bersama-sama menyebarkan energi positif dalam semangat gotong royong. Generasi muda pasti bisa," sambungnya.

Sementara itu, Sri Mulyani mengklaim, pemerintah melakukan beberapa kebijakan dalam menghadapi pandemi. Prioritas di sektor kesehatan, lalu  memberikan bantuan sosial (bansos) sekaligus mendukung pelaku usaha lokal agar bertahan dan tetap berkarya.

Sponsored

"Ini merupakan langkah penting yang harus terus kita upayakan demi membangkitkan sisi ekonomi sosial Indonesia dengan tetap semangat," jelasnya.

Menteri Ekonomi, Sri Mulyani, saat menjadi pembicara Tokopedia Play Fest. Dokumentasi Tokopedia

William menambahkan, Tokopedia juga mengadakan "Semangat Baru Talk Show". Kegiatan menghadirkan pegiat UMKM untuk  berbagi kisah inspiratif saat menghadapi pandemi dengan teknologi.

Kegiatan tersebut diharapkan mendorong lebih banyak pegiat usaha lokal yang tergerak memanfaatkan teknologi demi mempertahankan bisnis. Juga berkontribusi terhadap pemulihan ekonomi sekaligus menumbuhkan kebanggaan masyarakat akan produk buatan dalam negeri.

Berikutnya, kegiatan START Summit Extension bertema "Shift in Indonesia’s Technology Landscape", di mana pakar teknologi Tokopedia berbagi cerita perkembangan inovasi sepanjang 11 tahun terakhir.

Tokopedia Play Fest ditutup dengan konser amal yang menampilkan penyanyi papan atas. Bunga Citra Lestari, Ari Lasso, dan Andmesh Kamaleng, misalnya.

"Melalui Tokopedia Play Fest, Tokopedia berharap bisa menginspirasi sebanyak-banyaknya masyarakat Indonesia, bahwa salah satu kunci menghadapi pandemi adalah berinovasi dan berkolaborasi," paparnya.

"Mari rayakan kemerdekaan dengan semangat baru dan terus bersatu lawan pandemi. Bersama-sama kita #JagaEkonomiIndonesia dengan mendudukkan buatan Indonesia di kursi juara," tutup William.

Berita Lainnya