sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

IHSG dibuka menguat 0,02% ke level 5.996

Pergerakan IHSG masih dibayangi kekhawatiran kasus Covid-19 di India.

Annisa Saumi
Annisa Saumi Senin, 03 Mei 2021 09:02 WIB
IHSG dibuka menguat 0,02% ke level 5.996

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka menguat 0,02% ke level 5.996 pada perdagangan Senin (3/5).

Analis Artha Sekuritas Dennies Christoper mengatakan, bursa AS ditutup melemah pada perdagangan Jumat lalu. Investor masih akan fokus pada laporan keuangan kuartal I-2021 dan data pengangguran. 

"Hal tersebut didorong oleh pemulihan ekonomi dan laporan keuangan kuartal I-2021 dari beberapa perusahaan yang cukup positif," kata Dennies. 

Selain itu, data ekonomi seperti PMI dan ISM manufacturing akan akan dipublikasikan pada malam hari nanti. 

Sementara bursa Asia dibuka melemah. Investor di Asia masih cemas dengan situasi Covid-19 di India yang kian parah. Selain itu, India ada kemungkinan besar untuk tidak mempertahankan paten dari vaksin yang terdaftar untuk keperluan darurat.

"IHSG diprediksi melemah. Pergerakan IHSG dibayangi kekhawatiran kasus Covid-19 di India. Selain itu kinerja keuangan emiten yang baru dirilis secara rata-rata di bawah ekspektasi," ujar dia.

Sementara itu, Analis Reliance Sekuritas Lanjar Nafi memperkirakan, secara sentimen pergerakan IHSG berpotensi terkonsolidasi di tengah liburnya bursa Jepang dan aksi wait and see investor pada sejumlah data ekonomi yang akan rilis, seperti PMI manufaktur beberapa negara hingga inflasi.

"Sentimen positif hari ini datang dari rilisnya PMI manufaktur Indonesia pada April yang kembali naik ke level 54,6 dari 53,2," ucapnya.

Sponsored
Berita Lainnya