close icon
Scroll ke atas untuk melanjutkan
 Ingin ciptakan pebisnis tangguh, Rumah BUMN gelar Program Akselerasi Bisnis. Foto disediakan
icon caption
Ingin ciptakan pebisnis tangguh, Rumah BUMN gelar Program Akselerasi Bisnis. Foto disediakan
Bisnis
Sabtu, 11 Februari 2023 08:00

Ingin ciptakan pebisnis UMKM tangguh, Rumah BUMN Pertamina gelar program akselerasi bisnis

Program Akselerasi Bisnis: Naik Kelas Lebih Cepat untuk 30 UMKM, yang merupakan lanjutan dari kelas yang dilakukan pada 2 tahun lalu.
swipe

Pertamina menyelenggarakan program Akselerasi Bisnis: Naik Kelas Lebih Cepat pada tanggal 6-9 Februari 2023 di Hotel Milenium Jakarta. Program ini merupakan tindak lanjut dari program Inkubasi Bisnis. Ada pun program Inkubasi Bisnis yang diinisiasi oleh Rumah BUMN Pertamina ini bertujuan untuk membantu percepatan pertumbuhan bisnis para UMKM.

Program diisi dengan sesi berupa motivasi bisnis, pemberian materi terkait bagaimana melakukan business scale-up, konsultasi masalah bisnis dan penyelesaiannya, serta mempertemukan UMKM dengan para pemangku kepentingan yang sesuai.

Program Akselerasi Bisnis: Naik Kelas Lebih Cepat untuk 30 UMKM, yang merupakan lanjutan dari kelas yang dilakukan pada 2 tahun lalu. Program dirancang untuk dapat meningkatkan kreatifitas dan mengakselerasi pertumbuhan serta meningkatkan nilai jual dari produk yang dipasarkan. Dengan adanya program lanjutan dari Inkubasi Bisnis Rumah BUMN Pertamina ini, maka seluruh peserta diharapkan menjadi pebisnis yang Tangguh dan terus tumbuh lebih cepat sehingga menjadikan komunitas ini menjadi wadah bisnis yang positif bagi kemajuan ekonomi Indonesia. 

“Setelah dilakukan proses seleksi dan mengikuti kelas inkubasi di tahun 2020-2021, para UMKM dari berbagai daerah Rumah BUMN Pertamina kian sukses mengembangkan bisnisnya hingga mampu dikenal dan menembus pasar global,” papar salah satu pembicara, Ria Renny Christiana Brand Strategist dbrandcom, perusahaan brand dan communication consultant, dan Penulis Buku True Self My Personal Branding sudah berpengalaman selama 25 tahun di bidang brand management, marketing research dan effective communicator dengan sertifikasi global. 

Ria yang juga merupakan Inisiator Program Akselerasi akan menyajikan pengalamannya di bidang [strategi membangun dan mengelola reputasi brand]. Sedangkan di bidang Digital Marketing, Taka Liwungang sebagai mentor bisnis dan praktisi akan membantu UMKM dalam mengembangkan produk. 

Di bidang kewirausahaan, A. Pramono atau biasa disapa Mas Mono, pria kelahiran Madiun ini, akan berbagi kiat suksesnya bukan hanya sebagai pengusaha yang berhasil membuka puluhan cabang namun juga sudah terbukti mampu mengembangkan usaha Ayam Bakar Mas Mono sejak 2001 hingga sekarang. Selama empat hari, para peserta akan dipandu oleh Fasilitator acara, Ranie Kasmir dan Sigit Sulistianto.

Lebih jauh, Ria menyampaikan bahwa,” Dua hari ini adalah investasi agar kita lebih kuat dalam membangun usaha kita masing-masing secara cerdas, karena ketika kita cerdas, kita tidak akan mudah putus asa. Menurut para marketer dunia, yang saya rangkum pada saat saya menerima penghargaan di Dubai,  kemasan produk memang sangat penting untuk menarik perhatian para calon pembeli, namun selain itu kita juga harus mampu mengkomunikasikan apa kelebihan produk kita bagaimana masyakarat umum, terutama pembeli, hidupnya terbantu karena memanfaatkan produk kita.”

Fajriyah Usman, selaku VP CSR & SMEPP Pertamina, selalu memotivasi  untuk terus menggenjot agenda-agenda binaan seperti ini sebagai bentuk komitmen dari PT. Pertamina (Persero) terhadap pengembangan UMKM, dengan demikian kegiatan pembinaan ini akan membangkitkan industri UMKM pasca pandemi covid-19.

“Sesuai dengan temanya UMKM naik kelas demi mewujudkan dan mendukung ekonomi bangsa. Ekonomi bangsa diawali oleh UMKM yang tersebar di seluruh Indonesia. Oleh karena itu kami berharap acara ini dapat diikuti oleh bapak ibu UMKM dengan baik karena Bapak Ibu akan didampingi oleh mentor dan pakar yang handal. Saya harapkan ilmu yang didapat dari acara ini menjadi oleh-oleh yang bermanfaat untuk ibu bapak guna membangun ekonomi negeri ini,’ demikian pungkasnya.

img
Fitra Iskandar
Reporter
img
Fitra Iskandar
Editor

Untuk informasi menarik lainnya,
follow akun media sosial Alinea.id

Bagikan :
×
cari
bagikan