sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

IPO, Asia Sejahtera Mina tingkatkan volume produksi 40%

Melantai di bursa, PT Asia Sejahtera Mina Tbk. (AGAR) menargetkan pendapatan hingga Rp120 miliar dengan laba Rp3,5 miliar tahun ini.

Annisa Saumi
Annisa Saumi Senin, 02 Des 2019 10:47 WIB
IPO, Asia Sejahtera Mina tingkatkan volume produksi 40%

PT Asia Sejahtera Mina Tbk. (AGAR) resmi mencatatkan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin (2/12). Perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan rumput laut kering olahan ini melepas 250 juta lembar sahamnya ke publik dengan harga Rp110 per lembar saham. 

Perusahaan dengan kode saham AGAR ini memperoleh dana sebesar Rp27,5 miliar dari IPO ini. Perseroan menunjuk Profindo Sekuritas Indonesia sebagai Lead Underwritter. 

Pada pembukaan perdagangan hari ini, saham AGAR dibuka pada level Rp187 atau naik 70% dengan volume transaksi 50 lot senilai Rp935.000. 

Direktur Utama Asia Sejahtera Mina Indra Widyadharma, mengatakan dana yang diperoleh dari penawaran umum ini setelah dikurangi biaya emisi saham akan digunakan untuk pelunasan utang bank dan juga untuk peningkatan modal kerja. 

"Sekitar 20% untuk pelunasan bank dan 77% tambahan modal kerja," kata Indra di BEI, Jakarta, Senin (2/12).

Dengan masuknya perseroan ke lantai bursa, AGAR menargetkan pendapatan hingga Rp120 miliar dengan laba Rp3,5 miliar tahun ini. Volume produksi rumput laut pun ditargetkan naik 40%, dari volume saat ini sebesar 2.000 ton per bulan. 

"Prospek industri masih sangat bagus karena permintaan rumput laut kering masih sangat banyak sekali. Tahun depan kami akan menjalin kerja sama dengan koperasi dan petani rumput laut di Indonesia," tutur Indra. 

Untuk diketahui, perseroan mengekspor hampir 100% produksi rumput lautnya ke China, Spanyol, dan Chile. Adapun 97% dari total produksi rumput laut perseroan diekspor ke China. 

Sponsored

"Ekspor 2.000 ton per bulan yang kami layani, padahal permintaan jauh di atas itu," ujarnya. 

Sebagai informasi, Asia Sejahtera Mina bergerak di bidang perdagangan rumput laut yang berupa Dried Eucheuma Cottoni Seaweed, Dried Eucheuma Spinosum Seaweed, Dried Gracilaria Seaweed yang dapat digunakan di bidang farmasi, kosmetik dan makanan. 

Perseroan telah memiliki beberapa gudang yang berada di Surabaya dan Makasar. Pada tahun tanggal 20 November 2019 AGAR telah menyelesaikan pembangunan gudang penyimpanan dan pengeringan rumput laut di Sulawesi Selatan dengan luas sekitar 2 hektare. Gudang tersebut diharapkan dapat meningkatkan volume produksi maupun ekspor perseroan.