sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Kasus Covid-19 naik, IHSG ditutup ke zona merah

Melonjaknya kasus Covid-19 berpotensi membuat perlambatan ekonomi dan menyebabkan pemulihan ekonomi setiap negara tidak merata. 

Annisa Saumi
Annisa Saumi Jumat, 30 Apr 2021 16:47 WIB
Kasus Covid-19 naik, IHSG ditutup ke zona merah

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup melemah 0,29% ke level 5.995 pada perdagangan Jumat (30/4). Pelemahan didorong sektor keuangan yang turun 0,99% dan sektor perdagangan yang turun 0,63%.

Sebanyak 18,9 miliar saham ditransaksikan dengan nilai Rp9,9 triliun. Tercatat, 197 saham naik ke zona hijau dan 276 saham mengalami penurunan.

Investor asing melakukan pembelian bersih Rp183 miliar di seluruh pasar dan Rp139 miliar di pasar regional. Saham PT Tower Bersama Infrastructure Tbk. (TBIG), PT Astra International Tbk. (ASII), dan PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) menjadi tiga saham yang paling banyak diborong investor asing.

Riset harian Pilarmas Investindo Sekuritas menyebut katalis datang dari melonjaknya kasus baru Covid-19 yang tampaknya masih menjadi perhatian investor. Menurut Pilarmas Sekuritas, melonjaknya kasus Covid-19 berpotensi membuat perlambatan ekonomi dan menyebabkan pemulihan ekonomi setiap negara tidak merata. 

Sponsored

"Hal ini terkait dengan tingginya ketidakpastian penanganan pandemi, kendati sudah ada vaksin," tulis Pilarmas Sekuritas. 

Selain itu, Asian Development Outlook mengungkapkan dampak pandemi tidak saja menimbulkan pertumbuhan ekonomi yang tidak merata, tetapi juga berpotensi menimbulkan kesenjangan antara negara berkembang dengan negara maju, bahkan antar kawasan Asia-Pasifik.

Berita Lainnya