sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Kendaraan listrik dan baterai bisa jadi bintang baru di kawasan industri

Masuknya industri baru seperti kendaraan listrik dan baterai, menunjukkan peluang besar bagi kawasan industri.

Annisa Saumi
Annisa Saumi Kamis, 11 Feb 2021 15:30 WIB
Kendaraan listrik dan baterai bisa jadi bintang baru di kawasan industri

Colliers International Indonesia memproyeksikan kalau sektor industri dan logistik, bisa tumbuh lebih baik di tahun ini, dibandingkan tahun lalu. Meski demikian, pertumbuhan kawasan industri tidak akan terlalu signifikan.

Director Industrial and Logistics Services Colliers International Indonesia Rivan Munansa mengatakan, masuknya industri baru seperti kendaraan listrik dan baterai, menunjukkan peluang besar bagi kawasan industri di Indonesia untuk menyambut berbagai jenis industri lainnya.

"Masuknya kendaraan listrik dan baterai ke pasar tampaknya akan menjadi bintang baru bagi sektor industri dan logistik di Indonesia," kata Rivan dalam keterangan tertulisnya, Kamis (11/2).

Dia melanjutkan, pilihan kawasan industri beragam. Akan tetapi, tidak semuanya sesuai, dan diperlukan analisis mendalam untuk menilai kawasan tersebut.

Terlepas apakah kendaraan listrik dan baterai merupakan industri baru atau bukan, pemilihan lokasi penting dilakukan. Selain itu, beberapa area juga sedang disiapkan oleh pemerintah dan juga pihak swasta.

Selain kesiapan khusus untuk industri baru, ada persiapan lain, seperti keberadaan Kawasan Ekonomi Khusus di Kendal, kemudian sekitar Patimban dan beberapa daerah lainnya. Ada juga potensi bagi industri tertentu yang memasuki kawasan ekonomi khusus untuk mendapatkan tax holiday.

"Meski kendaraan listrik dan baterai bisa menjadi bintang, tetapi barang konsumsi dan e-commerce akan terus meluas. Selain itu data center serta fasilitas cold storage, masih tetap berkembang, seperti halnya berbagai industri lainnya," ujar dia.

Dengan mempertimbangkan potensi dan peluang serta berbagai langkah khusus yang dilakukan pemerintah, Rivan menilai kesiapan sektor industri untuk menyambut industri baru terlihat positif. Menurut dia hal ini memberikan peluang yang luar biasa bagi sektor industri dan iklim investasi di Indonesia.

Sponsored
Berita Lainnya