sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Langkah Tokopedia atasi pencurian data pengguna

Tokopedia telah mengambil langkah-langkah untuk mengatasi pencurian data pengguna. Apa saja?

Annisa Saumi
Annisa Saumi Selasa, 12 Mei 2020 13:18 WIB
Langkah Tokopedia atasi pencurian data pengguna
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 115056
Dirawat 37618
Meninggal 5388
Sembuh 72050

CEO Tokopedia William Tanuwijaya menyadari data pengguna Tokopedia dicuri sejak 2 Mei 2020. Hal tersebut disampaikan William dalam keterangan resminya, Selasa (12/5).

"Pada tanggal 2 Mei 2020, kami menyadari adanya pencurian data oleh pihak ketiga yang tidak berwenang terkait informasi pengguna Tokopedia," tulis William.

William melanjutkan, selain pemberitahuan yang telah diinformasikan sebelumnya, Tokopedia ingin memberikan informasi terbaru terkait langkah-langkah yang telah diambil hingga saat ini untuk mengatasi kejadian tersebut. Yakni, lanjut William, setelah mengetahui kejadian ini, Tokopedia langsung memberikan informasi kepada seluruh pengguna layanan. Tokopedia memulai proses investigasi dan mengambil langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk memastikan akun dan transaksi tetap terjaga.

"Kami terus pastikan bahwa kata sandi telah dienkripsi dengan enkripsi satu arah," tutur William.

Sponsored

Lalu, William mengatakan pihaknya telah berkomunikasi dan bekerja sama dengan pemerintah, antara lain Kementerian Komunikasi dan Informatika serta Badan Siber dan Sandi Negara untuk melakukan investigasi atas kejadian ini, sekaligus memastikan keamanan dan perlindungan atas data pribadi pengguna.

Selain melakukan investigasi internal, Tokopedia juga menunjuk institusi independen kelas dunia yang memiliki spesialisasi di bidang keamanan siber dalam membantu investigasi. Mereka juga akan membantu Tokopedia mengidentifikasi langkah-langkah yang diperlukan, untuk lebih meningkatkan lagi perlindungan data para pengguna Tokopedia.

William pun mengajak seluruh pengguna Tokopedia mengikuti anjuran langkah pengamanan agar semua data tetap terlindungi. Langkah pengamanan tersebut seperti memastikan pengguna selalu mengganti kata sandi akun Tokopedia secara berkala, tidak menggunakan kata sandi yang sama di berbagai platform digital dan menjaga One Time Password atau OTP dengan tidak memberikan kode OTP tersebut ke pihak manapun.

"Kami memahami bahwa kejadian ini telah menimbulkan ketidaknyamanan pada seluruh pengguna. Maka dari itu, kami ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh pengguna Tokopedia atas dukungan Anda yang tiada henti kepada kami di tengah tantangan kali ini," ujar dia.

Ada Mbah Dukun sedang jualan di medsos...

Ada Mbah Dukun sedang jualan di medsos...

Minggu, 02 Agst 2020 16:26 WIB
Berita Lainnya